Evaluasi Pengalaman Pengguna dari Perspektif Mahasiswa pada Eling dan Google Classroom (Kasus: Mahasiswa SAP Sistem Informasi Angkatan 2019 Fakultas Ilmu Komputer Universitas Brawijaya)
Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer
View Archive InfoField | Value | |
ISSN |
2548-964X |
|
Authentication Code |
dc |
|
Title Statement |
Evaluasi Pengalaman Pengguna dari Perspektif Mahasiswa pada Eling dan Google Classroom (Kasus: Mahasiswa SAP Sistem Informasi Angkatan 2019 Fakultas Ilmu Komputer Universitas Brawijaya) |
|
Added Entry - Uncontrolled Name |
Sari, Ananda Apriliah Aknuranda, Ismiarta Perdanakusuma, Andi Reza Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya |
|
Summary, etc. |
Eling merupakan sebuah LMS yang memuat tentang informasi pelaksanaan kegiatan pembelajaran yang ada di Filkom. Google Classroom merupakan produk layanan Learning Management System (LMS) yang bertujuan untuk menyederhanakan dan mengorganisikan proses pembelajaran, menilai tugas serta meningkatkan komunikasi tanpa harus bertatap muka. Pada saat ini, Filkom UB menggunakan dua LMS yaitu Google Classroom dan Eling untuk pembelajaran daring. Sejauh ini belum diketahui bagaimana perspektif mahasiswa pada saat menggunakan LMS Google Classroom dan Eling. Oleh karena itu, peneliti ingin melakukan evaluasi pengalaman pengguna dari perspektif mahasiswa terhadap kedua LMS ini. Apabila perspektif mahasiswa sudah diketahui diharapkan bisa diketahui permasalahan yang ditemui oleh pengguna mahasiswa terhadap masing-masing LMS serta kebutuhan pengguna, yang nantinya bisa memberikankan manfaat untuk perbaikan pada layanan LMS. Peneliti juga bermaksud untuk mengetahui dan membandingkan seberapa baik pengalaman pengguna yang dirasakan oleh pengguna LMS. Pengujian pengalaman pengguna LMS ini menggunakan pengujian usability. Pengujian usability digunakan untuk mengidentifikasi masalah dan mengetahui respon pengguna dalam menunjukkan seberapa efektif dan efisien LMS untuk membantu pengguna mencapai tujuan. Hasil wawancara diperoleh permasalahan, kebutuhan dan preferensi responden pada masing-masing LMS. Hasil pengujian efektivitas, efisien dan kepuasan bisa diketahui bahwa Google Classroom memperoleh penilaian lebih tinggi pada semua pengujian scenario dan hasil kuesioner SUS.
|
|
Publication, Distribution, Etc. |
Fakultas Ilmu Komputer (FILKOM), Universitas Brawijaya |
|
Electronic Location and Access |
application/pdf http://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/10157 |
|
Data Source Entry |
Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer; Vol 5 No 11 (2021): November 2021 |
|
Language Note |
ind |
|
Terms Governing Use and Reproduction Note |
Hak Cipta (c) 2021 Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer |
|