Evaluasi dan Rekomendasi Perbaikan Information Architecture pada Website menggunakan Human-Centered Design (HCD) (Studi pada: Program Studi Pendidikan IPS ULM Banjarmasin)
Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer
View Archive InfoField | Value | |
ISSN |
2548-964X |
|
Authentication Code |
dc |
|
Title Statement |
Evaluasi dan Rekomendasi Perbaikan Information Architecture pada Website menggunakan Human-Centered Design (HCD) (Studi pada: Program Studi Pendidikan IPS ULM Banjarmasin) |
|
Added Entry - Uncontrolled Name |
Abbas, Aprivisi Ewa Rokhmawati, Retno Indah Priharsari, Diah Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya |
|
Summary, etc. |
Pendidikan IPS (PIPS) ULM Banjarmasin merupakan salah satu program studi dibawah naungan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) ULM Banjarmasin. PIPS ULM Banjarmasin menggunakan website sebagai media penyampaian informasi. Akan tetapi, masih terdapat permasalahan pada website tersebut berdasarkan pengamatan penulis dan wawancara terhadap pengguna dan pihak stakeholder website seperti penamaan kategori yang tidak familiar, pengelompokkan konten yang tidak sesuai dengan kategorinya, kurang update-nya isi konten dan tampilan antarmuka yang tidak interaktif. Permasalahan yang ditemukan merupakan permasalahan dalam bidang Information Architecture website. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, maka dilakukan evaluasi menggunakan Tree Testing dan rekomendasi perbaikan desain solusi. Penelitian ini menggunakan pendekatan Human-Centered Design (HCD) dalam menghasilkan desain solusi. Card sorting digunakan untuk menyusun konten informasi pada desain solusi berdasarkan kebutuhan pengguna dengan hasil akhir berupa Sitemap. Dalam membuat desain solusi digunakan guidelines untuk membatasi lingkup penelitian agar masalah yang ada dapat fokus terselesaikan. Guidelines yang digunakan bersumber dari Usability guidelines, situs web pendukung dan persetujuan dari pihak stakeholder. Setelah desain solusi selesai dibuat, maka didapatkan peningkatan nilai dari aspek yang diujikan. Aspek success rate semula bernilai 31.11% dan mengalami peningkatan menjadi 91.11%. Aspek directness semula bernilai 14.45% dan mengalami peningkatan menjadi 60%. Aspek time spent semula bernilai 44.37 s dan berkurang menjadi 13.49 s. Aspek first click semula bernilai 21.11% dan mengalami peningkatan menjadi 76.67%. Aspek destination semula bernilai 31.11% dan mengalami peningkatan menjadi 91.11%.
|
|
Publication, Distribution, Etc. |
Fakultas Ilmu Komputer (FILKOM), Universitas Brawijaya |
|
Electronic Location and Access |
application/pdf http://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/8025 |
|
Data Source Entry |
Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer; Vol 4 No 10 (2020): Oktober 2020 |
|
Language Note |
ind |
|
Terms Governing Use and Reproduction Note |
Hak Cipta (c) 2020 Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer |
|