Pengaruh Implementasi Metode Pembelajaran Teams Games Tournaments terhadap Variabel Motivasi, Minat Belajar, dan Hasil Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Desain Grafis Percetakan di SMK Negeri 12 Malang
Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer
View Archive InfoField | Value | |
ISSN |
2548-964X |
|
Authentication Code |
dc |
|
Title Statement |
Pengaruh Implementasi Metode Pembelajaran Teams Games Tournaments terhadap Variabel Motivasi, Minat Belajar, dan Hasil Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Desain Grafis Percetakan di SMK Negeri 12 Malang |
|
Added Entry - Uncontrolled Name |
Khasanah, Rahmawati Hari Wijoyo, Satrio Hadi Herlambang, Admaja Dwi Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya |
|
Summary, etc. |
Latar belakang penelitian yaitu kurangnya partisipasi peserta didik, metode pembelajaran yang belum bisa menaikkan motivasi dalam belajar, dan kurangnya minat belajar siswa. Penelitian bertujuan untuk menunjukkan apakah penggunaan metode Teams Games Tournaments mempunyai pengaruh terhadap variabel motivasi siswa, minat belajar, dan hasil belajar siswa di SMK Negeri 12 Malang. Metode yang digunakan adalah Quasi Experimental dan menggunakan Nonequivalent Control Group Desain. Pengumpulan data dengan cara pengamatan dan tanya jawab. Hasil analisis data pada penelitian eksperimen diantaranya: (1) Metode TGT memiliki pengaruh pada motivasi siswa, (2) Metode TGT berpengaruh pada minat siswa, (3) Metode TGT berpengaruh pada hasil belajar siswa. Maka disimpulkan bahwa penggunaan metode pembelajaran Teams Games Tournaments tidak mempunyai pengaruh pada motivasi belajar, namun memiliki pengaruh pada minat serta hasil belajar siswa.
|
|
Publication, Distribution, Etc. |
Fakultas Ilmu Komputer (FILKOM), Universitas Brawijaya |
|
Electronic Location and Access |
application/pdf http://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/7639 |
|
Data Source Entry |
Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer; Vol 4 No 8 (2020): Agustus 2020 |
|
Language Note |
ind |
|
Terms Governing Use and Reproduction Note |
Hak Cipta (c) 2020 Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer |
|