Pengembangan Aplikasi Manajemen Antrean Pesanan Menu Restoran dengan Memanfaatkan Teknologi Kode QR
Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer
View Archive InfoField | Value | |
ISSN |
2548-964X |
|
Authentication Code |
dc |
|
Title Statement |
Pengembangan Aplikasi Manajemen Antrean Pesanan Menu Restoran dengan Memanfaatkan Teknologi Kode QR |
|
Added Entry - Uncontrolled Name |
Sahaja, Yahya Kharisma, Agi Putra Afirianto, Tri Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya |
|
Summary, etc. |
Permasalahan yang terjadi di sebuah restoran dalam melayani pelanggan sangat beragam. Kebanyakan Restoran di Malang masih memberikan daftar menu secara manual kepada pelanggannya yang membuat pihak restoran harus mencetak baru menunya setiap kali terdapat perubahan daftar menu restoran. Selain itu, pemesanan menu restoran secara manual masih menggunakan kertas, sehingga pelanggan harus menuliskan menu yang ingin dipesan melalui kertas yang diberikan oleh pelayan restoran. Hal ini akan membuang-buang waktu dan tenaga para pelanggan. Dengan keterbatasan karyawan restoran dan jumlah pelanggan yang sangat ramai membuat pelayanan di restoran tersebut sangat lama. Berdasarkan permasalahan tersebut, penulis membuat aplikasi manajemen antrean pesanan menu restoran yang diharapkan dapat mengotomatiskan sistem antrean di restoran. Aplikasi yang dikembangkan berupa dua aplikasi, yaitu aplikasi untuk pelanggan dan aplikasi untuk operator restoran. Penelitian ini menggunakan metode pengembangan perangkat lunak Agile dengan menerapkan kerangka kerja Scrum dikarenakan kebutuhan pengguna yang memiliki banyak perubahan di setiap fase pengembangan. Hasil dari penenlitian ini berfokus pada penyelesaian masalah dengan menyederhanaan proses manajemen antrean pesanan menu restoran dan menyederhanaan pemesanan menu restoran. Selain itu, peneliti juga melakukan dua pengujian, yaitu pengujian validasi dan usability untuk mengetahui tingkat kebergunaan aplikasi bagi pengguna. Dari pengujian validasi didapatkan hasil bahwa bahwa validasi yang dilakukan di setiap sprint terhadap kebutuhan fungsionalitas dinyatakan valid, sedangkan dari hasil pengujian usability didapatkan hasil bahwa aplikasi untuk pelanggan mendapatkan nilai ustability sebesar 82,25% yang masuk ke dalam kategori B, dengan adjective rating excellent. Aplikasi untuk operator restoran mendapatkan nilai usability sebesar 96,25% yang masuk ke dalam kategori A, dengan adjective rating best imaginable.
|
|
Publication, Distribution, Etc. |
Fakultas Ilmu Komputer (FILKOM), Universitas Brawijaya |
|
Electronic Location and Access |
application/pdf http://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/7097 |
|
Data Source Entry |
Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer; Vol 4 No 3 (2020): Maret 2020 |
|
Language Note |
ind |
|
Terms Governing Use and Reproduction Note |
Hak Cipta (c) 2020 Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer |
|