Record Details

Pengembangan Aplikasi Manajemen Antrean Pesanan Menu Restoran dengan Memanfaatkan Teknologi Kode QR

Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer

View Archive Info
 
 
Field Value
 
ISSN 2548-964X
 
Authentication Code dc
 
Title Statement Pengembangan Aplikasi Manajemen Antrean Pesanan Menu Restoran dengan Memanfaatkan Teknologi Kode QR
 
Added Entry - Uncontrolled Name Sahaja, Yahya
Kharisma, Agi Putra
Afirianto, Tri
Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
 
Summary, etc. Permasalahan yang terjadi di sebuah restoran dalam melayani pelanggan sangat beragam. Kebanyakan Restoran di Malang masih memberikan daftar menu secara manual kepada pelanggannya yang membuat pihak restoran harus mencetak baru menunya setiap kali terdapat perubahan daftar menu restoran. Selain itu, pemesanan menu restoran secara manual masih menggunakan kertas, sehingga pelanggan harus menuliskan menu yang ingin dipesan melalui kertas yang diberikan oleh pelayan restoran. Hal ini akan membuang-buang waktu dan tenaga para pelanggan. Dengan keterbatasan karyawan restoran dan jumlah pelanggan yang sangat ramai membuat pelayanan di restoran tersebut sangat lama. Berdasarkan permasalahan tersebut, penulis membuat aplikasi manajemen antrean pesanan menu restoran yang diharapkan dapat mengotomatiskan sistem antrean di restoran. Aplikasi yang dikembangkan berupa dua aplikasi, yaitu aplikasi untuk pelanggan dan aplikasi untuk operator restoran. Penelitian ini menggunakan metode pengembangan perangkat lunak Agile dengan menerapkan kerangka kerja Scrum dikarenakan kebutuhan pengguna yang memiliki banyak perubahan di setiap fase pengembangan. Hasil dari penenlitian ini berfokus pada penyelesaian masalah dengan menyederhanaan proses manajemen antrean pesanan menu restoran dan menyederhanaan pemesanan menu restoran. Selain itu, peneliti juga melakukan dua pengujian, yaitu pengujian validasi dan usability untuk mengetahui tingkat kebergunaan aplikasi bagi pengguna. Dari pengujian validasi didapatkan hasil bahwa bahwa validasi yang dilakukan di setiap sprint terhadap kebutuhan fungsionalitas dinyatakan valid, sedangkan dari hasil pengujian usability didapatkan hasil bahwa aplikasi untuk pelanggan mendapatkan nilai ustability sebesar 82,25% yang masuk ke dalam kategori B, dengan adjective rating excellent. Aplikasi untuk operator restoran mendapatkan nilai usability sebesar 96,25% yang masuk ke dalam kategori A, dengan adjective rating best imaginable.
 
Publication, Distribution, Etc. Fakultas Ilmu Komputer (FILKOM), Universitas Brawijaya
 
Electronic Location and Access application/pdf
http://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/7097
 
Data Source Entry Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer; Vol 4 No 3 (2020): Maret 2020
 
Language Note ind
 
Terms Governing Use and Reproduction Note Hak Cipta (c) 2020 Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer
 


www.freevisitorcounters.com