Record Details

Pengembangan Aplikasi Augmented Reality Clothing untuk Meningkatkan Minat Beli Konsumen terhadap Bisnis Clothing Line Kyouka

Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer

View Archive Info
 
 
Field Value
 
ISSN 2548-964X
 
Authentication Code dc
 
Title Statement Pengembangan Aplikasi Augmented Reality Clothing untuk Meningkatkan Minat Beli Konsumen terhadap Bisnis Clothing Line Kyouka
 
Added Entry - Uncontrolled Name Suhendar, Haechal Abdillah
Tolle, Herman
Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
 
Summary, etc. Membangun serta mengembangkan sebuah bisnis clothing brand hingga menjadi bisnis yang besar bukan suatu hal yang mudah. Kompetitor bukanlah satu-satunya penyebab dari kesulitan membangun sebuah bisnis clothing brand, kesulitan juga disebabkan dari sulitnya sebuah bisnis dalam menyampaikan produk yang dimiliki terhadap konsumen yang dituju. Pemasaran produk yang baik merupakan faktor penentu sebuah bisnis dapat berkembang, Pada era digital ini pemasaran melalui social media sudah menjadi tuntutan, survey menyatakan sebanyak 45% pengguna social media di Indonesia membeli produk yang dilihatnya pada platform Instagram dengan jumlah pengguna mencapai 61 juta pengguna. Bedasarkan permasalahan tersebut, akan dikembangkan sebuah aplikasi augmented reality berbasis filter sosial media sebagai sarana pemasaran produk bisnis clothing brand kyouka menggunakan Spark AR sebagai platform filter augmented reality yang dapat dengan mudah dihubungkan dengan platform social media seperti Instagram dan Facebook dengan menggunakan fitur FixTargetTracker. Hasil pengembangan diharapkan dapat meningkatkan citra merek dan minat beli terhadap produk clothing brand kyouka. Peforma serta kenggunaan aplikasi akan diukur menggunakan pengujian validasi, usability dan Benchmark UEQ untuk mengukur produk baju yang telah diberikan penerapan augmented reality. Hasil pengujian dari 39 responden didapatkan 100% uji validasi aplikasi, usability dengan nilai 4.31 serta peningkatan minat hingga 270 konsumen yang merupakan hasil sangat baik, dan hasil benchmark UEQ dimana aspek attractiveness mendapat nilai 1,98, perspicuity mendapat nilai 1,73, efficiency mendapat nilai 1,71, dependability mendapat nilai 1,48, stimulation mendapat nilai 1,70, dan novelty mendapat nilai 1,74 dimana hasil benchmark sangat memuaskan.
 
Publication, Distribution, Etc. Fakultas Ilmu Komputer (FILKOM), Universitas Brawijaya
 
Electronic Location and Access application/pdf
http://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/10686
 
Data Source Entry Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer; Vol 6 No 3 (2022): Mei 2022
 
Language Note ind
 
Terms Governing Use and Reproduction Note Hak Cipta (c) 2022 Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer
 


www.freevisitorcounters.com