Segmentasi Pelanggan Menggunakan Fuzzy C-Means Clustering berdasarkan RFM Model pada E-Commerce (Studi Kasus: E-Commerce XYZ)
Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer
View Archive InfoField | Value | |
ISSN |
2548-964X |
|
Authentication Code |
dc |
|
Title Statement |
Segmentasi Pelanggan Menggunakan Fuzzy C-Means Clustering berdasarkan RFM Model pada E-Commerce (Studi Kasus: E-Commerce XYZ) |
|
Added Entry - Uncontrolled Name |
Wicaksono, Arieftia Bachtiar, Fitra Abdurrachman Setiawan, Nanang Yudi Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya |
|
Summary, etc. |
E-Commerce XYZ merupakan situs marketplace milik salah satu perusahaan telekomunikasi milik negara. Perilaku pembelian pengguna e-commerce di Indonesia pun ada berbagai macam. Dengan adanya segmentasi pelanggan, pihak e-commerce XYZ dapat mengetahui informasi terkait perilaku pelanggan yang ada untuk menarik pelanggan baru yang potensial dan mempertahankan pelanggan loyal. Data yang digunakan pada penelitian ini adalah data transaksi sejak 1 Januari 2020 sampai 30 April 2020 dengan total transaksi sebanyak 78.262 transaksi. Proses segmentasi pelanggan ini disegmentasikan berdasarkan Recency (jumlah hari yang dibutuhkan antara dua pembelian), Frequency (jumlah pembelian dalam periode tertentu), dan Monetary (jumlah uang yang dihabiskan dalam periode tertentu) atau biasa disebut dengan RFM model. Teknik segmentasi yang digunakan adalah clustering dengan metode Fuzzy C-Means Clustering. Elbow method digunakan untuk menentukan jumlah cluster terbaik. Penelitian ini menghasilkan segmentasi pelanggan menjadi 2 dan 3 cluster. Hasil cluster akan divalidasi dan diverifikasi menggunakan silhouette coefficient dan euclidean distance untuk mengetahui cluster terbaik. Hasil validasi menggunakan silhouette coefficient untuk cluster 2 dan cluster 3 secara berturut-turut adalah 0,703 dan 0,645. Hasil segmentasi berdasarkan model RFM akan divisualisasikan menggunakan dashboard untuk membantu pihak stakeholder melihat perilaku pembelian tiap cluster. Dashboard tersebut dievaluasi menggunakan System Usability Scale (SUS) untuk mengetahui tingkat kegunaannya. Hasil dari evaluasi dashboard adalah 97,5, hasil tersebut masuk dalam Grade “A†dan Adjective Rating “Excellentâ€. Dengan hasil tersebut, maka dashboard E-Commerce XYZ yang dibuat sudah berfungsi dengan baik bagi stakeholder.
|
|
Publication, Distribution, Etc. |
Fakultas Ilmu Komputer (FILKOM), Universitas Brawijaya |
|
Electronic Location and Access |
application/pdf http://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/8799 |
|
Data Source Entry |
Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer; Vol 5 No 4 (2021): April 2021 |
|
Language Note |
ind |
|
Terms Governing Use and Reproduction Note |
Hak Cipta (c) 2021 Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer |
|