Evaluasi User Experience pada Game Grand Theft Auto (GTA) V Online menggunakan Cognitive Walkthrough
Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer
View Archive InfoField | Value | |
ISSN |
2548-964X |
|
Authentication Code |
dc |
|
Title Statement |
Evaluasi User Experience pada Game Grand Theft Auto (GTA) V Online menggunakan Cognitive Walkthrough |
|
Added Entry - Uncontrolled Name |
Rahman, Muhammad Hasbi Jonemaro, Eriq Muhammad Adams Wardhono, Wibisono Sukmo Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya |
|
Summary, etc. |
User experience adalah sebuah ilmu yang mempelajari bagaimana menciptakan sebuah produk yang nyaman serta gampang dipahami oleh user. Salah satu cara konkrit mengetahui user experience-nya berfungsi secara baik atau tidak adalah dengan cara memakai metode cognitive walktrough. Metode ini bersifat analitis untuk mengevaluasi step-by-step dalam suatu produk, untuk mengetahui masalah kenyamanan sebuah produk. Metode ini cocok untuk digunakan untuk user baru maupun lama dikarnakan tidak memerlukan ongkos yang banyak, efektif, dan juga efisen. Game Grand Theft Auto V online adalah game yang sangat cocok untuk dijadikan objek penelitian evaluasi Cognitive Walkthrough dikarenakan banyak mendapatkan penghargaan salah satunya adalah memenangkan Game Of The Year di Spike VGX dan Golden Joystick Award pada tahun 2013 serta memenangkan Best Multiplayer di Spike VGX pada tahun 2014. Hasil evaluasi game ini memperlihatkan terdapat permasalahan task importance 1 dengan jenis permasalahan feedback dengan nilai rata-rata 0,666 , sedangkan pada task importance 2 bertipe permasalahan user (U) dengan nilai rata-rata 1.5 , physical demand (P) dengan nilai rata-rata 0.55 dan hidden (H) dengan nilai rata-rata 0.166 , dan permasalahan terakir terletak pada task importance 4 bertipe permasalahan user (U), hidden (H) dan physical demand (P) dengan nilai rata-rata 0,166 masing-masing
|
|
Publication, Distribution, Etc. |
Fakultas Ilmu Komputer (FILKOM), Universitas Brawijaya |
|
Electronic Location and Access |
application/pdf http://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/9984 |
|
Data Source Entry |
Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer; Vol 5 No 10 (2021): Oktober 2021 |
|
Language Note |
ind |
|
Terms Governing Use and Reproduction Note |
Hak Cipta (c) 2021 Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer |
|