Evaluasi Usability dengan Metode Heuristic Walkthrough (Studi Kasus: Website Beasiswa XYZ)
Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer
View Archive InfoField | Value | |
ISSN |
2548-964X |
|
Authentication Code |
dc |
|
Title Statement |
Evaluasi Usability dengan Metode Heuristic Walkthrough (Studi Kasus: Website Beasiswa XYZ) |
|
Added Entry - Uncontrolled Name |
Maksum, Muhammad Ilham Hanggara, Buce Trias Rachmadi, Aditya Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya |
|
Summary, etc. |
Website beasiswa xyz adalah situs yang dikembangkan untuk para penerima beasiswa xyz, suatu program beasiswa yang di selenggarakan oleh lembaga xyz. Tujuan adanya situs tersebut untuk memudahkan pihak pengelola dalam monitoring, serta untuk memudahkan penerima beasiswa dalam melakukan reporting. Kemudian, dari user experience questionnaire (UEQ) yang peneliti bagikan kepada sebelas responden menghasilkan nilai skala kebaruan dari website beasiswa xyz berada pada rata-rata 0.31 serta comparison benchmark yaitu “below averageâ€. Heuristic walkthrough merupakan perpaduan antara metode evaluasi cognitive walkthrough serta heuristic evaluation. Cognitive walkthrough ialah metode evaluasi yang dilakukan oleh keseluruhan evaluator dengan menjalankan tugas evaluasi serta bantuan thought provoking question untuk menemukan permasalahan. Berikutnya, heuristic evaluation adalah metode yang dilakukan oleh expert dengan membandingkan website berdasarkan prinsip heuristic nielsen serta memberikan severity rating pada tiap permasalahannya. Evaluasi ini melibatkan tiga kategori evaluator yaitu novice, regular expert, dan double expert. Hasil dari evaluasi cognitive walkthrough, ditemukan seratus dua temuan masalah dan 60,78% diantaranya terdapat kesamaan dengan temuan pada heuristic evaluation. Sedangkan heuristic evaluation menghasilkan dua puluh temuan masalah dengan rerata severity rating tertinggi yaitu 2,35 pada H-5 (Error prevention). Dengan mempertimbangkan hasil evaluasi, terdapat 24 saran perbaikan dengan rincian, delapan belas saran perbaikan antarmuka atau termasuk sistem, empat perbaikan sistem, dan dua tanpa perbaikan.
|
|
Publication, Distribution, Etc. |
Fakultas Ilmu Komputer (FILKOM), Universitas Brawijaya |
|
Electronic Location and Access |
application/pdf http://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/8546 |
|
Data Source Entry |
Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer; Vol 5 No 2 (2021): Februari 2021 |
|
Language Note |
ind |
|
Terms Governing Use and Reproduction Note |
Hak Cipta (c) 2021 Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer |
|