Record Details

Perbaikan Proses Bisnis Layanan Perkreditan Menggunakan Metode Business Process Improvement (BPI) Dengan Metode Failure Mode and Effect Analysis (FMEA) Pada PT.BPR Bina Reksa Karyaartha Pare

Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer

View Archive Info
 
 
Field Value
 
ISSN 2548-964X
 
Authentication Code dc
 
Title Statement Perbaikan Proses Bisnis Layanan Perkreditan Menggunakan Metode Business Process Improvement (BPI) Dengan Metode Failure Mode and Effect Analysis (FMEA) Pada PT.BPR Bina Reksa Karyaartha Pare
 
Added Entry - Uncontrolled Name Anggraini, Inka Setya
Mursityo, Yusi Tyroni
Setiawan, Nanang Yudi
Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
 
Summary, etc. BPR Bina Reksa Karyaartha adalah sebuah perusahaan yang bergerak dibidang jasa perbankan. PT. BPR Bina Reksa Karyaartha memiliki beberapa layanan salah satunya yaitu layanan perkreditan. Terdapat fungsi bisnis yaitu memberikan kredit kepada nasabah, melayani pembayaran kredit, dan melaporkan pelaporan kredit. Pada proses bisnis terdapat permasalahan yang dapat mengganggu kinerja proses bisnis yang berjalan yaitu kesalahan mengisi formulir permohonan, Account Officer kesulitan menghubungi nasabah untuk menentukan jadwal perjanjian kredit, kesalahan Administrasi kredit memasukan data nasabah, data kredit dan data jaminan pada aplikasi PGBS, nasabah terlambat membayar, penagih kesulitan melakukan penagihan dengan nasabah, dan kesalahan membuat laporan SLIK. Tahap yang dilakukan penelitian ini adalah identifikasi proses bisnis dengan cara melakukan wawancara dan observasi, kemudian memodelkan proses bisnis menggunakan Business Process Model and Notation (BPMN) dengan aplikasi Bizagi Modeler, melakukan analisis dan evaluasi menggunakan metode Failure Mode and Effect Analysis (FMEA) untuk mengetahui potensi permasalahan yang tertinggi. Selanjutnya dilakukan perbaikan rekomendasi proses bisnis dengan menggunakan metode Business Process Improvement (BPI) dengan bantuan tools streamlining. Dan kemudian dilakukan simulasi proses bisnis saat ini (as is) dan rekomendasi (to be) pada semua proses bisnis. Terjadi peningkatan pada time analysis mencapai 9,24%. Jika proses bisnis rekomendasi diterapkan dapat meminimalisir permasalahan yang terjadi dan dapat meningkatkan kualitas kinerja karyawan serta kerja sama dengan nasabah.
 
Publication, Distribution, Etc. Fakultas Ilmu Komputer (FILKOM), Universitas Brawijaya
 
Electronic Location and Access application/pdf
http://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/7891
 
Data Source Entry Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer; Vol 4 No 9 (2020): September 2020
 
Language Note ind
 
Terms Governing Use and Reproduction Note Hak Cipta (c) 2020 Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer
 


www.freevisitorcounters.com