Pengembangan Modul Digital Interaktif Berbasis Website menggunakan Kerangka Kerja Borg, Gall, And Gall pada Mata Pelajaran Administrasi Sistem Jaringan di SMK Negeri 12 Malang
Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer
View Archive InfoField | Value | |
ISSN |
2548-964X |
|
Authentication Code |
dc |
|
Title Statement |
Pengembangan Modul Digital Interaktif Berbasis Website menggunakan Kerangka Kerja Borg, Gall, And Gall pada Mata Pelajaran Administrasi Sistem Jaringan di SMK Negeri 12 Malang |
|
Added Entry - Uncontrolled Name |
Majid, Iwan Wijoyo, Satrio Hadi Herlambang, Admaja Dwi Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya |
|
Summary, etc. |
Pengambilan data memiliki tujuan guna melaksanakan pengembangan modul digital interaktif seraya basis website guna menaikkan proses mencapai kompetensi keahlian dan mengetahui seberapa layak, efisiensi serta efektifitas produk tersebut sebagai pendukung proses pembelajaran Administrasi Sistem Jaringan SMK pada bahasan virtual private network. Metode pengambilan data yang dipakai yaitu Research and Development memakai kerangka kerja Borg, Gall & Gall. Objek dalam pengambilan data yaitu siswa SMK Negeri 12 Malang kelas 12 TKJ 1. Berdasarkan hasil pengambilan data, perolehan kesahihan ahli materi menyatakan 3,47 (valid). Perolehan kesahihan ahli media menyatakan 3,48 (valid). Perolehan kesahihan rencana pelaksanaan pembelajaran menyatakan 3,1 (cukup valid). Perolehan kesahihan soal pre test post test menyatakan 3,58 (valid). Perolehan angket respon siswa menyatakan 3,27 (valid). Guna menyadari meningkatnya capaian kompetensi pengetahuan dilaksanakan seraya menyerahkan pre test dan post test. Melalui nilai Z hitung dan Z tabel, hasil penilaian pada pelajaran virtual private network yang dihitung menggunakan Uji Wilcoxon diperoleh nilai Z hitung seraya besar -4,10 dan nilai Z tabel seraya besar 0,00001. Perolehan Z hitung mempunyai nilai lebih kecil dari nilai Z tabel, sehingga dapat dinyatakan perolehan post test lebih bagus dibandingkan perolehan pre test. Hasil yang didapat dari informasi sebelumnya, pengambilan data memperlihatkan bahwa pengembangan modul digital interaktif berbasis website pada materi virtual private network adalah layak, efisien serta efektif dalam proses pembelajaran dan boleh dipakai sebagai media proses belajar guna menaikkan hasil capaian kompetensi pengetahuan murid.
|
|
Publication, Distribution, Etc. |
Fakultas Ilmu Komputer (FILKOM), Universitas Brawijaya |
|
Electronic Location and Access |
application/pdf http://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/7201 |
|
Data Source Entry |
Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer; Vol 4 No 4 (2020): April 2020 |
|
Language Note |
ind |
|
Terms Governing Use and Reproduction Note |
Hak Cipta (c) 2020 Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer |
|