Record Details

Perbandingan Usability Learning Management System Edmodo dan Google Classroom Menggunakan Metode Cognitive Walkthrough dan User Experience Questionnaire (UEQ) (Studi Kasus: SMKN 3 Malang)

Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer

View Archive Info
 
 
Field Value
 
ISSN 2548-964X
 
Authentication Code dc
 
Title Statement Perbandingan Usability Learning Management System Edmodo dan Google Classroom Menggunakan Metode Cognitive Walkthrough dan User Experience Questionnaire (UEQ) (Studi Kasus: SMKN 3 Malang)
 
Added Entry - Uncontrolled Name Anugrah, Syattya Permata
Rokhmawati, Retno Indah
Wijoyo, Satrio Hadi
Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
 
Summary, etc. Penerapan Learning Management System (LMS) pada SMK Negeri 3 Malang masih ada ditemui permasalahan oleh siswa dikarenakan daya literasi mereka yang rendah, tampilan yang susah dimengerti dan pengguna tidak mengerti beberapa fitur di dalam sistem. Sehingga muncul permasalahan pada aspek usability dan learnability dari LMS tersebut. Peneliti melakukan perbandingan usability pada dua LMS yang digunakan yaitu Edmodo dan Google Classroom, menggunakan metode Cognitive Walkthrough untuk pengujian usability dan User Experience Questionnaire (UEQ) untuk mendapatkan pengalaman pengguna dari siswa terhadap LMS Google Classroom dan Edmodo. Responden yang terlibat sebanyak lima siswa untuk pengujian Cognitive Walkthrough dan 30 siswa untuk metode User Experience Questionnaire (UEQ). Hasil pengujian Cognitive Walkthrough menunjukkan LMS Google Classroom memiliki total delapan permasalahan, kemudian pada LMS Edmodo terdapat sembilan permasalahan. Pada hasil penyebaran kuesioner UEQ, Edmodo unggul pada aspek yaitu kejelasan, ketepatan, stimulasi, dan kebaruan. Sementara Google Classroom unggul pada aspek daya tarik dan efisiensi. Dari hasil tersebut, Google Classroom lebih direkomendasikan pada pengguna baru karena unggul dalam aspek learnability, tetapi dari segi pengalaman pengguna, Edmodo lebih direkomendasikan untuk digunakan siswa SMKN 3 Malang dalam kegiatan belajar mengajar di kelas.
 
Publication, Distribution, Etc. Fakultas Ilmu Komputer (FILKOM), Universitas Brawijaya
 
Electronic Location and Access application/pdf
http://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/7132
 
Data Source Entry Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer; Vol 4 No 4 (2020): April 2020
 
Language Note ind
 
Terms Governing Use and Reproduction Note Hak Cipta (c) 2020 Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer
 


www.freevisitorcounters.com