Record Details

Pengembangan Gim Edukasi Chemistry Fusion pada Perangkat Bergerak menggunakan Metode Iterative And Rapid Prototyping

Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer

View Archive Info
 
 
Field Value
 
ISSN 2548-964X
 
Authentication Code dc
 
Title Statement Pengembangan Gim Edukasi Chemistry Fusion pada Perangkat Bergerak menggunakan Metode Iterative And Rapid Prototyping
 
Added Entry - Uncontrolled Name Hestiningtyas, Annisa
Wardhono, Wibisono Sukmo
Arwani, Issa
Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
 
Summary, etc. Metode pembelajaran yang digunakan dalam proses pembelajaran di dunia pendidikan formal yang berlangsung di Sekolah pada umumnya hanya terbatas pada diskusi, presentasi dan penjelasan langsung yang dilakukan oleh guru saja. Selain itu, penggunaan media pembelajaran yang digunakan pada saat proses belajar di kelas dapat dikatakan kurang memadai, sehingga siswa cendrung menjadi pasif dalam mengikuti proses pembelajaran. Salah satu mata pelajaran yang diajarkan pada kurikulum pendidikan tahun 2013 pada tingkat SMA sebagai materi dasar adalah kimia. Dalam dunia pendidikan pada mata pelajaran kimia materi tentang hidrokarbon dan minyak bumi sangat diperlukan oleh para siswa yang ingin memperdalam ilmu kimia. Guna membantu memberikan upaya dalam membentuk budaya pembelajaran di Sekolah yang inovatif dan kreatif melalui penggunaan media pembelajaran berbasis digital, yaitu gim edukasi. Maka dikembangkan sebuah aplikasi gim edukasi yang memfokuskan pada mata pelajaran kimia khususnya materi hidrokarbon dan minyak bumi. Pengembangan aplikasi gim edukasi ini menerapkan metode iterative and rapid prototyping. Hasil quality assurance menggunakan pengujian black-box menunjukkan bahwa semua fungsi yang ada pada aplikasi gim edukasi Chemistry Fusion bisa berjalan dengan lancar sesuai dengan fungsinya. Hasil pengujian usability  menggunakan kuisioner mendapatkan hasil hitung dengan presentasi 81,62%. Hasil hitung tersebut kemudian dikonversi menggunakan acuan interpretasi skala likert sehingga menunjukkan parameter “Sangat Layak” dan bisa dijadikan sebagai media pembelajaran di SMA Negeri 2 Tenggarong Sebrang.
 
Publication, Distribution, Etc. Fakultas Ilmu Komputer (FILKOM), Universitas Brawijaya
 
Electronic Location and Access application/pdf
http://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/7417
 
Data Source Entry Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer; Vol 4 No 6 (2020): Juni 2020
 
Language Note ind
 
Terms Governing Use and Reproduction Note Hak Cipta (c) 2020 Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer
 


www.freevisitorcounters.com