Pengembangan Gim Edukasi Chemistry Fusion pada Perangkat Bergerak menggunakan Metode Iterative And Rapid Prototyping
Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer
View Archive InfoField | Value | |
ISSN |
2548-964X |
|
Authentication Code |
dc |
|
Title Statement |
Pengembangan Gim Edukasi Chemistry Fusion pada Perangkat Bergerak menggunakan Metode Iterative And Rapid Prototyping |
|
Added Entry - Uncontrolled Name |
Hestiningtyas, Annisa Wardhono, Wibisono Sukmo Arwani, Issa Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya |
|
Summary, etc. |
Metode pembelajaran yang digunakan dalam proses pembelajaran di dunia pendidikan formal yang berlangsung di Sekolah pada umumnya hanya terbatas pada diskusi, presentasi dan penjelasan langsung yang dilakukan oleh guru saja. Selain itu, penggunaan media pembelajaran yang digunakan pada saat proses belajar di kelas dapat dikatakan kurang memadai, sehingga siswa cendrung menjadi pasif dalam mengikuti proses pembelajaran. Salah satu mata pelajaran yang diajarkan pada kurikulum pendidikan tahun 2013 pada tingkat SMA sebagai materi dasar adalah kimia. Dalam dunia pendidikan pada mata pelajaran kimia materi tentang hidrokarbon dan minyak bumi sangat diperlukan oleh para siswa yang ingin memperdalam ilmu kimia. Guna membantu memberikan upaya dalam membentuk budaya pembelajaran di Sekolah yang inovatif dan kreatif melalui penggunaan media pembelajaran berbasis digital, yaitu gim edukasi. Maka dikembangkan sebuah aplikasi gim edukasi yang memfokuskan pada mata pelajaran kimia khususnya materi hidrokarbon dan minyak bumi. Pengembangan aplikasi gim edukasi ini menerapkan metode iterative and rapid prototyping. Hasil quality assurance menggunakan pengujian black-box menunjukkan bahwa semua fungsi yang ada pada aplikasi gim edukasi Chemistry Fusion bisa berjalan dengan lancar sesuai dengan fungsinya. Hasil pengujian usability menggunakan kuisioner mendapatkan hasil hitung dengan presentasi 81,62%. Hasil hitung tersebut kemudian dikonversi menggunakan acuan interpretasi skala likert sehingga menunjukkan parameter “Sangat Layak†dan bisa dijadikan sebagai media pembelajaran di SMA Negeri 2 Tenggarong Sebrang.
|
|
Publication, Distribution, Etc. |
Fakultas Ilmu Komputer (FILKOM), Universitas Brawijaya |
|
Electronic Location and Access |
application/pdf http://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/7417 |
|
Data Source Entry |
Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer; Vol 4 No 6 (2020): Juni 2020 |
|
Language Note |
ind |
|
Terms Governing Use and Reproduction Note |
Hak Cipta (c) 2020 Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer |
|