Record Details

Evaluasi User Experience Pada Game PC Building Simulator Dengan Menggunakan Metode Game Experience Questionnaire (GEQ)

Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer

View Archive Info
 
 
Field Value
 
ISSN 2548-964X
 
Authentication Code dc
 
Title Statement Evaluasi User Experience Pada Game PC Building Simulator Dengan Menggunakan Metode Game Experience Questionnaire (GEQ)
 
Added Entry - Uncontrolled Name Rahman, Abdur
Rokhmawati, Retno Indah
Az-zahra, Hanifah Muslimah
Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
 
Summary, etc. Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) terlebih bidang Teknik Komputer Jaringan (TKJ) e-learning sering digunakan sebagai media pembelajaran tentang merakit komputer atau PC. Saat ini yang sedang ramai digunakan untuk pembelajaran perakitan komputer melalui STEAM salah satunya yaitu game PC Building Simulator. Game PC Building Simulator adalah sebuah game online untuk melakukan simulasi dalam merakit sebuah Personal Computer (PC). Tujuan penelitian untuk melihat seberapa baik nilai UX. Game Experience Questionnaire adalah instrumen evaluasi yang dirancang dengan tujuan mengevaluasi permainan. Jumlah responden yang digunakan 30 peserta yang merupakan siswa dari kelas 10 jurusan TKJ-1 di SMKN 3 Malang yang pernah menggunakan e-learning dan memiliki pengetahuan tentang e-learning. Metode yang digunakan yakni kuantitatif data diambil menggunakan kuesioner. hasil evaluasi nilai UX, didapatkan nilai skor 3,07 kategori baik atau setuju. Oleh karena itu, media game PC Building Simulator dapat digunakan dalam pembelajaran pada kelas 10 TKJ, aspek kompetensi tersebut memiliki nilai yang baik, yang menunjukkan bahwa PC Building masih dapat dimainkan oleh pemain baru yang belum familiar dengan game berjenis simulator. Masalah yang paling banyak muncul disemua tugas, yaitu keterbatasan perangkat atau laptop yang dimiliki siswa, perangkat yang digunakan siswa kurang memadai, kesulitan siswa dalam menerjemahkan Bahasa Inggris, siswa kurang memahami misi pada game. Kata kunci: SMK, TKJ, UX, GEQ, Game.
 
Publication, Distribution, Etc. Fakultas Ilmu Komputer (FILKOM), Universitas Brawijaya
 
Electronic Location and Access application/pdf
http://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/8382
 
Data Source Entry Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer; Vol 5 No 1 (2021): Januari 2021
 
Language Note ind
 
Terms Governing Use and Reproduction Note Hak Cipta (c) 2021 Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer
 


www.freevisitorcounters.com