Record Details

Perancangan User Experience Aplikasi Web Self Service Kedai Om Kopi Menggunakan Pendekatan Human-Centered Design (HCD)

Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer

View Archive Info
 
 
Field Value
 
ISSN 2548-964X
 
Authentication Code dc
 
Title Statement Perancangan User Experience Aplikasi Web Self Service Kedai Om Kopi Menggunakan Pendekatan Human-Centered Design (HCD)
 
Added Entry - Uncontrolled Name Rukmi, Dhaneswara Mursito
Wijoyo, Satrio Hadi
Fanani, Lutfi
Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
 
Summary, etc. Era perkembangan teknologi semakin pesat sehingga memilki peran yang besar terhadap dunia bisnis, salah satunya usaha kedai kopi. Oleh karena itu, Om Kopi ingin berpartisipasi dengan perkembangan yang ada yaitu memberikan layanan baru berupa self service. Sehingga, untuk mewujudkan layanan tersebut perlu adanya perancangan user experience aplikasi web kepada pengguna. Perancangan tersebut menggunakan pendekatan human centered design (HCD), di mana pedekatan tersebut memfokuskan pada manusia. Fokus manusia dalam penelitian ini adalah pengguna dan stakeholder. Oleh karena itu, terdapat beberapa tahapan dalam proses pengembangan solusi. Tahapan analisis konteks penggunaan dan kebutuhan pengguna yang di mana hasilnya berdasarkan wawancaa stakeholder, pegawai, dan pelanggan Om Kopi. Sehingga tahapan tersebut mendapatkan informasi pengguna aplikasi web yaitu pegawai dan pelanggan dengan karakteristik dan tugasnya masing-masing. Tahap perancangan desain solusi menghasilkan wireframe, screenflow, dan high fidelity prototype. Tahap evaluasi menggunakan user experience questionnaire (UEQ). Evaluasi aplikasi web tersebut memperoleh nilai mean daya tarik sebesar 1,917, nilai kejelasan sebesar 1,934, nilai efisiensi sebesar 1,824, nilai ketepatan sebesar 1,912, nilai stimulasi sebesar 1,728, dan nilai kebaruan sebesar 0,978. Untuk meningkatkan skala mean tersebut dilakukan perbaikan dan rekomendasi fitur yang paling diinginkanpengguna. Dari hasil perbaikan mengalami penginkatan yang signifikan.
 
Publication, Distribution, Etc. Fakultas Ilmu Komputer (FILKOM), Universitas Brawijaya
 
Electronic Location and Access application/pdf
http://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/9329
 
Data Source Entry Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer; Vol 5 No 6 (2021): Juni 2021
 
Language Note ind
 
Terms Governing Use and Reproduction Note Hak Cipta (c) 2021 Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer
 


www.freevisitorcounters.com