Perancangan User Experience Aplikasi Web Self Service Kedai Om Kopi Menggunakan Pendekatan Human-Centered Design (HCD)
Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer
View Archive InfoField | Value | |
ISSN |
2548-964X |
|
Authentication Code |
dc |
|
Title Statement |
Perancangan User Experience Aplikasi Web Self Service Kedai Om Kopi Menggunakan Pendekatan Human-Centered Design (HCD) |
|
Added Entry - Uncontrolled Name |
Rukmi, Dhaneswara Mursito Wijoyo, Satrio Hadi Fanani, Lutfi Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya |
|
Summary, etc. |
Era perkembangan teknologi semakin pesat sehingga memilki peran yang besar terhadap dunia bisnis, salah satunya usaha kedai kopi. Oleh karena itu, Om Kopi ingin berpartisipasi dengan perkembangan yang ada yaitu memberikan layanan baru berupa self service. Sehingga, untuk mewujudkan layanan tersebut perlu adanya perancangan user experience aplikasi web kepada pengguna. Perancangan tersebut menggunakan pendekatan human centered design (HCD), di mana pedekatan tersebut memfokuskan pada manusia. Fokus manusia dalam penelitian ini adalah pengguna dan stakeholder. Oleh karena itu, terdapat beberapa tahapan dalam proses pengembangan solusi. Tahapan analisis konteks penggunaan dan kebutuhan pengguna yang di mana hasilnya berdasarkan wawancaa stakeholder, pegawai, dan pelanggan Om Kopi. Sehingga tahapan tersebut mendapatkan informasi pengguna aplikasi web yaitu pegawai dan pelanggan dengan karakteristik dan tugasnya masing-masing. Tahap perancangan desain solusi menghasilkan wireframe, screenflow, dan high fidelity prototype. Tahap evaluasi menggunakan user experience questionnaire (UEQ). Evaluasi aplikasi web tersebut memperoleh nilai mean daya tarik sebesar 1,917, nilai kejelasan sebesar 1,934, nilai efisiensi sebesar 1,824, nilai ketepatan sebesar 1,912, nilai stimulasi sebesar 1,728, dan nilai kebaruan sebesar 0,978. Untuk meningkatkan skala mean tersebut dilakukan perbaikan dan rekomendasi fitur yang paling diinginkanpengguna. Dari hasil perbaikan mengalami penginkatan yang signifikan.
|
|
Publication, Distribution, Etc. |
Fakultas Ilmu Komputer (FILKOM), Universitas Brawijaya |
|
Electronic Location and Access |
application/pdf http://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/9329 |
|
Data Source Entry |
Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer; Vol 5 No 6 (2021): Juni 2021 |
|
Language Note |
ind |
|
Terms Governing Use and Reproduction Note |
Hak Cipta (c) 2021 Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer |
|