Perancangan User Experience Aplikasi Online Market berbasis Mobile di Masa Pandemi menggunakan Metode Design Thinking
Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer
View Archive InfoField | Value | |
ISSN |
2548-964X |
|
Authentication Code |
dc |
|
Title Statement |
Perancangan User Experience Aplikasi Online Market berbasis Mobile di Masa Pandemi menggunakan Metode Design Thinking |
|
Added Entry - Uncontrolled Name |
Siagian, Carly Vyoletta Dewi, Ratih Kartika Al Huda, Fais Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya |
|
Summary, etc. |
Dalam kehidupan ekonomi, pasar merupakan suatu hal yang memiliki peranan sangat vital. Pasar berperan sebagai tempat belanja untuk memenuhi kebutuhan hidup bagi masyarakat. Tetapi terhitung sejak Desember 2019, terjadi penyebaran COVID-19 yang sangat cepat ke seluruh dunia. Akibat dari hal tersebut, masyarakat merasa kesulitan bepergian keluar rumah untuk belanja kebutuhan sehari-hari. Kekhawatiran terpapar COVID-19 membuat sebagian besar masyarakat tidak lagi berbelanja kebutuhan sehari-hari langsung mengunjungi pasar tradisional. Akibat pandemi ini, masyarakat merasa kesulitan untuk bepergian keluar rumah sehingga cenderung belanja secara online. Tetapi saat belanja kebutuhan secara online, tentunya masih terdapat permasalahan yang dirasakan oleh masyarakat. Permasalahan yang dirasakan antara lain yaitu durasi waktu pengiriman yang dianggap lama, produk yang disediakan tidak sebanyak atau sevariatif di pasar, terdapat minimal nominal belanja, serta tidak dapat melihat produk secara langsung. Berdasarkan dari permasalahan yang telah dijelaskan sebelumnya, pada penelitian ini akan dilakukan perancangan user experience aplikasi Online Market hingga tahap prototype high-fidelity dengan menggunakan metode design thinking. Pada tahap akhir, dilakukan pengujian dari prototype high-fidelity yang sudah dirancang menggunakan metode usability testing dengan melibatkan 5 calon pengguna. Dari hasil pengujian yang dilakukan, desain solusi aplikasi ini mendapatkan nilai skor untuk aspek efektivitas sebesar 100%, aspek efisiensi mendapatkan skor sebesar 0.035 goals/sec, dan untuk aspek satisfaction mendapatkan nilai skor SUS sebesar 88. Berdasarkan nilai SUS, desain solusi aplikasi Mapper mendapatkan grade B, adjective rating dalam kategori excellent, dan masuk dalam kategori Acceptable.
|
|
Publication, Distribution, Etc. |
Fakultas Ilmu Komputer (FILKOM), Universitas Brawijaya |
|
Electronic Location and Access |
application/pdf http://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/10807 |
|
Data Source Entry |
Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer; Vol 6 No 3 (2022): Mei 2022 |
|
Language Note |
ind |
|
Terms Governing Use and Reproduction Note |
Hak Cipta (c) 2022 Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer |
|