Evaluasi Tata Kelola Teknologi Informasi menggunakan Kerangka Kerja COBIT 5 Fokus Proses EDM04, APO07, dan DSS01 (Studi Kasus: Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian Kabupaten Situbondo)
Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer
View Archive InfoField | Value | |
ISSN |
2548-964X |
|
Authentication Code |
dc |
|
Title Statement |
Evaluasi Tata Kelola Teknologi Informasi menggunakan Kerangka Kerja COBIT 5 Fokus Proses EDM04, APO07, dan DSS01 (Studi Kasus: Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian Kabupaten Situbondo) |
|
Added Entry - Uncontrolled Name |
Anshor, Zainul Suprapto, Suprapto Priharsari, Diah Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya |
|
Summary, etc. |
Pemanfaatan Teknologi Informasi (TI) pada lembaga pemerintahan begitu penting untuk diterapkan secara optimal, guna mewujudkan penyelenggaraan pemerintahan yang berbasis elektronik. Diskominfosan Kabupaten Situbondo sebagai penyokong kegiatan pemerintahan yang memanfaatkan TI, ikut berperan aktif dalam mewujudkan tata kelola pemerintahan dan layanan informasi publik berbasis TI. Namun dalam melaksanakan kegiatannya, terdapat permasalahan yang berfokus pada pengelolaan infrastruktur TI serta kompetensi SDM yang masih perlu dievaluasi. Oleh karena itu, Diskominfosan Kabupaten Situbondo perlu adanya evaluasi tata kelola TI yang diterapkan berdasarkan kerangka kerja COBIT 5. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengidentifikasi tingkat kapabilitas dari tata kelola TI berdasarkan proses EDM04 (Ensure Resource Optimisation), APO07 (Manage Human Resources), dan DSS01 (Manage Operations). Evaluasi ini dilakukan menggunakan metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa kuesioner, observasi, dan wawancara. Dari hasil pengumpulan data yang didapatkan, nilai capability level untuk proses EDM04, APO07, dan DSS01 berada pada level 1 (Performed Process). Untuk gap masing-masing proses terpaut 1 level dengan target level yang diharapkan. Masing-masing proses berada di level 2 (Managed Process) untuk taget tingkat kapabilitas yang diharapkan. Untuk mencapainya, perlu rekomendasi perbaikan yang diberikan dengan mengacu pada pemetaan Base Practices (BP), Work Products (WP), Generic Practices (GP), dan Generic Work Products (GWP) dalam penyelesaian permasalahannya.
|
|
Publication, Distribution, Etc. |
Fakultas Ilmu Komputer (FILKOM), Universitas Brawijaya |
|
Electronic Location and Access |
application/pdf http://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/8949 |
|
Data Source Entry |
Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer; Vol 5 No 4 (2021): April 2021 |
|
Language Note |
ind |
|
Terms Governing Use and Reproduction Note |
Hak Cipta (c) 2021 Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer |
|