Pengaruh Kualitas Implementasi Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Discovery Learning Berbantuan Aplikasi Canvas terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Desain Grafis Percetakan di SMKN 5 Malang
Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer
View Archive InfoField | Value | |
ISSN |
2548-964X |
|
Authentication Code |
dc |
|
Title Statement |
Pengaruh Kualitas Implementasi Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Discovery Learning Berbantuan Aplikasi Canvas terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Desain Grafis Percetakan di SMKN 5 Malang |
|
Added Entry - Uncontrolled Name |
Cholidhea, Alma Syahara Nur Herlambang, Admaja Dwi Wijoyo, Satrio Hadi Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya |
|
Summary, etc. |
Kegiatan belajar Desain Grafis Percetakan kelas XI MM di SMKN 5 Malang masih sering bersifat teacher centered sehingga menyebabkan siswa kurang aktif, mandiri, kerjasama dan prestasi belajar yang maksimal. Kurikulum 2013 tetap mempertahankan pembelajaran berlandaskan konstruktivisme yang lebih melibatkan siswa daripada guru, dengan model pembelajaran yang disarankan diantaranya Problem Based Learning (PBL) dan Discovery Learning (DL) dapat meningkatkan keaktifan, kemandirian, kerjasama serta prestasi belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan prestasi belajar antara penerapan PBL dan DL pada siswa kelas XI Multimedia SMKN 5 Malang. Jenis penelitian ini eksperimen menggunakan Pretest-Postest Group Design, menggunakan pendekatan kuantitatif dengan populasi siswa kelas XI Multimedia SMKN 5 Malang. Pengambilan sampel secara Random Sampling mendapatkan sampel siswa kelas XI MM 3 (30 siswa) sebagai kelas eksperimen 1 dan XI MM 4 (30 siswa) sebagai kelas eksperimen 2. Uji statistika terdiri dari uji normalitas dengan menggunakan metode Shapiro-Wilk, uji homogenitas menggunakan metode Lavene's, dan uji hipotesis beda rata-rata dengan menggunakan Independent Sample T Test, yang dilakukan pada taraf signifikansi 0,05. Uji hipotesis menghasilkan nilai signifikansi 0,000 dengan rata-rata nilai siswa pada kelas PBL lebih tinggi daripada DL sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan model PBL dan DL berpengaruh pada keaktifan, kerjasama, kemandirian dan menghasilkan prestasi belajar PBL lebih tinggi daripada model DL.
|
|
Publication, Distribution, Etc. |
Fakultas Ilmu Komputer (FILKOM), Universitas Brawijaya |
|
Electronic Location and Access |
application/pdf http://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/7956 |
|
Data Source Entry |
Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer; Vol 4 No 10 (2020): Oktober 2020 |
|
Language Note |
ind |
|
Terms Governing Use and Reproduction Note |
Hak Cipta (c) 2020 Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer |
|