Record Details

Perancangan User Experience Aplikasi Mobile Platform BagiKata menggunakan Metode Goal-Directed Design (GDD)

Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer

View Archive Info
 
 
Field Value
 
ISSN 2548-964X
 
Authentication Code dc
 
Title Statement Perancangan User Experience Aplikasi Mobile Platform BagiKata menggunakan Metode Goal-Directed Design (GDD)
 
Added Entry - Uncontrolled Name Ghaniyyah, Rizka
Hanggara, Buce Trias
Prakoso, Bondan Sapta
Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
 
Summary, etc. BagiKata merupakan sebuah platform tanya jawab yang dapat menghubungkan penggunannya dengan beragam kontributor atau konselor yang berpengalaman dalam bidang kesehatan mental. Dalam penggunaannya, pengguna masih mengalami beberapa permasalahan, diantaranya adalah terbatasnya platform yang dimiliki oleh pengguna dan belum adanya kesatuan sistem untuk memberikan keseluruhan layanan yang dibutuhkan oleh pengguna. Sedangkan BagiKata menginginkan perancangan antarmuka yang dapat memenuhi kebutuhan dari para penggunanya, namun BagiKata belum pernah melakukan riset mengenai apa yang benar-benar dibutuhkan dan apa yang menjadi masalah para penggunanya. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan rancangan aplikasi mobile BagiKata menggunakan 5 fase pada metode Goal-Directed Design. Pada fase research, didapatkan analisis kebutuhan dari stakeholder dan pengguna. Pada fase modeling, dihasilkan satu persona dari sekelompok pengguna dan user journey. Pada fase requirement, dihasilkan konteks skenario, requirements, dan arsitektur informasi. Pada fase framework, dihasilkan design system dan kerangka desain aplikasi mobile. Pada fase refinement, dihasilkan prototype high-fidelity dan pengujian menggunakan User Testing dan User Experience Questionnaire. Pengujian dengan User Experience Questionnaire menghasilkan nilai mean dengan kategori positif pada setiap skala UEQ. Pada Benchmark UEQ skala Daya Tarik, Efisiensi, Ketepatan, dan Stimulasi tergolong ke dalam kategori Excellent (Sangat Baik) pada Benchmark. Sedangkan skala Kejelasan dan Kebaruan tergolong ke dalam kategori Good (Baik) pada Benchmark.
 
Publication, Distribution, Etc. Fakultas Ilmu Komputer (FILKOM), Universitas Brawijaya
 
Electronic Location and Access application/pdf
http://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/10541
 
Data Source Entry Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer; Vol 6 No 1 (2022): Januari 2022
 
Language Note ind
 
Terms Governing Use and Reproduction Note Hak Cipta (c) 2022 Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer
 


www.freevisitorcounters.com