Evaluasi dan Perbaikan User Experience Menggunakan User Experience Questionnaire (UEQ) dan Heuristic Evaluation (HE) Pada Produk Gift Card Tiket.com
Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer
View Archive InfoField | Value | |
ISSN |
2548-964X |
|
Authentication Code |
dc |
|
Title Statement |
Evaluasi dan Perbaikan User Experience Menggunakan User Experience Questionnaire (UEQ) dan Heuristic Evaluation (HE) Pada Produk Gift Card Tiket.com |
|
Added Entry - Uncontrolled Name |
Efendy, Faisal Risq Tolle, Herman Fanani, Lutfi Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya |
|
Summary, etc. |
Produk Gift Card merupakan salah satu produk yang dikembangkan oleh Tiket.com yang berfungsi untuk membantu pengguna membeli Gift Card dari Tiket.com. Dalam perancangannya produk ini belum dilakukan evaluasi user experience kepada pengguna, sehingga belum diketahui tingkat kesulitan yang dialami oleh pengguna. Pada penelitian ini dilakukan evaluasi menggunakan User Experience Questionnaire (UEQ) untuk mengukur tingkat Daya Tarik, Kejelasan, Efisiensi, Ketapatan, Stimulasi, serta Kebaruan oleh responden dan evaluasi menggunakan Heuristic Evaluation (HE) untuk menggali lebih dalam permasalahan yang dilakukan oleh evaluator. Pada evaluasi yang dilakukan didapatkan hasil desain lama keseluruhan memilki nilai Good (Baik) dengan nilai benchmark setiap poinnya berada pada nilai Good (Baik) untuk poin penilaian Daya Tarik, Efisiensi, Ketepatan, Stimulasi, dan Kebaruan, sedangkan poin Kejelasan mendapatkan nilai Above Average (Diatas Rata-Rata). Pada desain lama ditemukan 23 permasalahan dengan detail 9 permasalahan ditemukan oleh responden, dan 21 permasalahan ditemukan oleh evaluator, 7 permasalahan yang ditemukan oleh responden juga ditemukan oleh evaluator. Dari hasil evaluasi yang dilakukan pada desain solusi perbaikan yang sudah dirancang, didapatkan nilai Excellent untuk nilai benchmark keseluruhan dengan detail poin Daya Tarik, Efisiensi, Ketepatan, Stimulasi, dan Kebaruan dengan nilai Excellent serta poin Kejelasan dengan nilai Good (Baik).
|
|
Publication, Distribution, Etc. |
Fakultas Ilmu Komputer (FILKOM), Universitas Brawijaya |
|
Electronic Location and Access |
application/pdf http://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/7973 |
|
Data Source Entry |
Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer; Vol 4 No 10 (2020): Oktober 2020 |
|
Language Note |
ind |
|
Terms Governing Use and Reproduction Note |
Hak Cipta (c) 2020 Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer |
|