Perancangan Pengalaman Pengguna Aplikasi Pembayaran Retribusi Menara berbasis Mobile menggunakan Metode Design Thinking (Studi Kasus: Dinas KOMINFO Kabupaten Bondowoso)
Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer
View Archive InfoField | Value | |
ISSN |
2548-964X |
|
Authentication Code |
dc |
|
Title Statement |
Perancangan Pengalaman Pengguna Aplikasi Pembayaran Retribusi Menara berbasis Mobile menggunakan Metode Design Thinking (Studi Kasus: Dinas KOMINFO Kabupaten Bondowoso) |
|
Added Entry - Uncontrolled Name |
Zulaikah, Tiffani Nisa Tolle, Herman Az-Zahra, Hanifah Muslimah Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya |
|
Summary, etc. |
Pembangunan tower telekomunikasi setiap tahunnya mengalami perkembangan yang pesat. Salah satunya pembangunan tower di daerah Bondowoso, menurut data dari Dinas KOMINFO Kabupaten Bondowoso tercatat 148 tower dengan 11 provider yang memiliki surat izin pembangunan. Hal ini dapat meningkatkan sumber Pemasukan Asli Daerah (PAD) melalui pungutan retribusi menara. Pemerintah daerah menginginkan dinas penghasil dapat melakukan percepatan digitalisasi transaksi di lingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten Bondowoso sebagai bentuk perluasan implementasi Elektronifikasi Transaksi Pemda (ETP) tahun 2021. Sehingga tujuan dari penelitian ini diharapkan dapat memberikan desain solusi berupa perancangan pengalaman pengguna aplikasi pembayaran retribusi menara berbasis mobile agar dapat meningkatkan sistem manajemen pungutan retribusi menara. Penerapan metode pada penelitian ini menggunakan metode Design Thinking, sebab dapat menyelesaikan permasalahan yang cukup kompleks dan berfokus memahami permasalahan pengguna sehingga dapat menghasilkan bermacam inovasi yang solutif. Pada tahap pengujian usability dilakukan oleh 3 evaluator dengan menggunakan metode Heuristic Evaluation. Ditemukan 17 permasalahan usability yang telah disepakati dengan hasil terbanyak terletak pada prinsip heuristic number H2 (Match between system and the real world) dan H6 (Recognition rather than recall) yaitu 5 permasalahan dengan persentase sebesar 19,23%. Sedangkan rata-rata nilai severity rating tertinggi terdapat pada prinsip heuristic number H3 (User control and freedom) dengan nilai 3 dan termasuk dalam kategori major.
|
|
Publication, Distribution, Etc. |
Fakultas Ilmu Komputer (FILKOM), Universitas Brawijaya |
|
Electronic Location and Access |
application/pdf http://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/10725 |
|
Data Source Entry |
Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer; Vol 6 No 3 (2022): Mei 2022 |
|
Language Note |
ind |
|
Terms Governing Use and Reproduction Note |
Hak Cipta (c) 2022 Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer |
|