Perancangan User Experience Aplikasi Pendukung Evaluasi dan Analisis Proses Pembelajaran untuk Guru Berbasis Android dengan Metode User-Centered Design dan Design Solution
Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer
View Archive InfoField | Value | |
ISSN |
2548-964X |
|
Authentication Code |
dc |
|
Title Statement |
Perancangan User Experience Aplikasi Pendukung Evaluasi dan Analisis Proses Pembelajaran untuk Guru Berbasis Android dengan Metode User-Centered Design dan Design Solution |
|
Added Entry - Uncontrolled Name |
Gusrinda, Lutfi Putra Fanani, Lutfi Supianto, Ahmad Afif Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya |
|
Summary, etc. |
Observasi merupakan teknik pengumpulan data, dengan tujuan untuk mencatat poin - poin penting proses observasi supaya dapat dievaluasi dan meningkatkan hasil. Dalam dunia pendidikan, penerapan observasi dilakukan kepada guru dengan harapan hasil observasi dapat dapat mengetahui apa yang terjadi dan kurang dalam proses pembelajaran tersebut. Untuk membantu proses observasi tersebut maka diperlukan sebuah media untuk membantu guru dengan mempusatkan kebutuhan dan keperluan guru dalam perancangan media tersebut, sehingga media tersebut dapat difunakan untuk membatu proses observasi tersebut. Penelitian kali ini bertujuan media observasi dan pencatatan dengan menggunakan user experience sebagai pacuan dalam pembuatan desain solusi. Metode yang digunakan untuk mendalami pengalaman pengguna adalah Human Centered Design dimana merupakan metode menempatkan calon pengguna sebagai pusat utama pengembangan penelitian. Tahapan yang dilakukan terdiri atas identifikasi kebutuhan pengguna dengan membuat persona dan emphaty map, lalu identifikasi tugas dan tujuan pengguna dengan user journey. Lalu proses implementasi desain solusi dilakukan dengan membuat rancangan wireframe, screenflow serta prototype yang nantinya akan diuji dengan metode pengujian usability dan pengujian system usability scale. Dari pengujian tersebut dihasilkan bahwa tingkat efektifitas sebesar 100% dan efisisensi 0,1 goals / sec serta tingkat kepuasan pengguna sebesar 57,5 yang berada di tingkat cukup. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa desain solusi telah berhasil memberikan solusi pada permasalahan meski terdapat kekurangan pada kepuasan pengguna.
|
|
Publication, Distribution, Etc. |
Fakultas Ilmu Komputer (FILKOM), Universitas Brawijaya |
|
Electronic Location and Access |
application/pdf http://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/7179 |
|
Data Source Entry |
Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer; Vol 4 No 4 (2020): April 2020 |
|
Language Note |
ind |
|
Terms Governing Use and Reproduction Note |
Hak Cipta (c) 2020 Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer |
|