Evaluasi Proses Bisnis Menggunakan Metode Quality Evaluation Framework (QEF) (Studi Pada Bagian E-Government Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Gresik)
Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer
View Archive InfoField | Value | |
ISSN |
2548-964X |
|
Authentication Code |
dc |
|
Title Statement |
Evaluasi Proses Bisnis Menggunakan Metode Quality Evaluation Framework (QEF) (Studi Pada Bagian E-Government Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Gresik) |
|
Added Entry - Uncontrolled Name |
Ahmad, Fajar Ubaidillah Hanggara, Buce Trias Setiawan, Nanang Yudi Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya |
|
Summary, etc. |
Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Gresik merupakan kantor dinas Kominfo Kabupaten Gresik, provinsi Jawa Timur. Kominfo Kabupaten Gresik memiliki tugas sebagai penyelenggaraan urusan pemerintah bidang komunikasi dan informatika untuk daerah Kabupaten Gresik, Jawa Timur. Proses bisnis pada DISKOMINFO kabupaten Gresik didukung oleh Standard Operating Procedure (SOP) yang harus dilakukan oleh pihak tertentu mulai dari awal hingga akhir yang berkaitan dengan program kerja yang ada. Terdapat proses bisnis pada DISKOMINFO Kabupaten Gresik yang belum berjalan dengan baik. Pada tugas “Pembangunan dan Pengembangan Aplikasi dan Data E-Government†yang dilakukan dari awal hingga akhir diselesaikan dalam waktu yang lama, yaitu selama sepuluh hari lebih. Sedangkan dalam dokumen SOP proses tersebut seharusnya bisa diselesaikan dalam waktu yang lebih singkat, yaitu dalam waktu tujuh hari. Dikarenakan proses bisnis tersebut diselesaikan melebihi dari waktu yang telah di tentukan pada dokumen SOP, maka hal itu dapat menghambat proses bisnis lain yang saling berkesinambungan. Maka perlu dilakukan evaluasi proses bisnis dengan menggunakan metode Quality Evaluation Framework (QEF) dan Root Cause Analysis. Langkah awal yang dilakukan adalah mengidentifikasi proses bisnis yang terdapat permasalahan, lalu memodelkan proses bisnis menggunakan Business Process Model and Notation (BPMN). Selanjutnya menentukan quality factor beserta target perusahaan dan dilakukan perhitungan sesuai dengan persamaan yang ada pada metode QEF. Lalu melakukan identifikasi pada quality factor yang tidak sesuai dengan target perusahaan. Setelah itu dilakukan analisa dengan menggunakan Root Cause Analysis agar dapat diketahui akar permasalahan yang terjadi pada proses bisnis tersebut.
|
|
Publication, Distribution, Etc. |
Fakultas Ilmu Komputer (FILKOM), Universitas Brawijaya |
|
Electronic Location and Access |
application/pdf http://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/8408 |
|
Data Source Entry |
Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer; Vol 5 No 1 (2021): Januari 2021 |
|
Language Note |
ind |
|
Terms Governing Use and Reproduction Note |
Hak Cipta (c) 2021 Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer |
|