Record Details

Perancangan Gim Simulasi Perakitan Komputer menggunakan Metode 7 Steps For Designing Serious Games

Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer

View Archive Info
 
 
Field Value
 
ISSN 2548-964X
 
Authentication Code dc
 
Title Statement Perancangan Gim Simulasi Perakitan Komputer menggunakan Metode 7 Steps For Designing Serious Games
 
Added Entry - Uncontrolled Name Alauddin, Mohammad
Afirianto, Tri
Aminul Akbar, Muhammad
Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
 
Summary, etc. Perkembangan teknologi komputer semakin meningkat pada saat ini dan sudah menjadi kebutuhan utama di berbagai bidang, seperti institusi, pendidikan, pemerintahan ataupun masyarakat umum. Dalam setiap tahun komputer dan komponen di dalam nya selalu mengalami peningkatan spesifikasi yang diikuti oleh peningkatan harga. Oleh karena itu pemilihan komputer berdasarkan spesifikasi dan kebutuhan pengguna sangat penting dilakukan, namun banyak orang yang tidak memiliki pemahaman tentang komponen di dalam komputer. Sebelumnya, terdapat penelitian yang dapat memberi pengetahuan kepada sekelompok murid dengan sebuah gim. Penelitian tersebut dirancang menggunakan metode 7 Steps for Designing Serious Games. Gim yang dapat membantu atau memberikan pemahaman kepada pemain gim dan digunakan untuk tujuan selain hiburan termasuk dalam jenis serious games. Maka dari itu, dilakukan perancangan gim simulasi perakitan komputer dengan metode perancangan 7 Steps for Designing Serious Games. Metode 7 Steps Designing for Serious Games digunakan dalam merancang permainan untuk mengetahui kebutuhan dan tujuan dari pemain berdasarkan quality control oleh ahli kognitif, sehingga hasil perancangan permainan ini dapat memenuhi keinginan pemain. Penelitian ini membahas analisa kebutuhan pemain, perancangan permainan, implementasi permainan, pengujian dan evaluasi permainan. Berdasarkan pengujian usability dalam aspek satisfaction didapat nilai rata-rata positive experience 3.41 dari 20 responden, maka diketahui permainan dapat dimainkan dengan baik oleh pemain. Uji validasi memperoleh nilai rata-rata 79.2 dari 5 ahli komputer, menunjukan bahwa permainan yang dikembangkan masuk ke dalam jenis serious games.
 
Publication, Distribution, Etc. Fakultas Ilmu Komputer (FILKOM), Universitas Brawijaya
 
Electronic Location and Access application/pdf
http://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/9537
 
Data Source Entry Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer; Vol 5 No 8 (2021): Agustus 2021
 
Language Note ind
 
Terms Governing Use and Reproduction Note Hak Cipta (c) 2021 Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer
 


www.freevisitorcounters.com