Perancangan Gim Simulasi Perakitan Komputer menggunakan Metode 7 Steps For Designing Serious Games
Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer
View Archive InfoField | Value | |
ISSN |
2548-964X |
|
Authentication Code |
dc |
|
Title Statement |
Perancangan Gim Simulasi Perakitan Komputer menggunakan Metode 7 Steps For Designing Serious Games |
|
Added Entry - Uncontrolled Name |
Alauddin, Mohammad Afirianto, Tri Aminul Akbar, Muhammad Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya |
|
Summary, etc. |
Perkembangan teknologi komputer semakin meningkat pada saat ini dan sudah menjadi kebutuhan utama di berbagai bidang, seperti institusi, pendidikan, pemerintahan ataupun masyarakat umum. Dalam setiap tahun komputer dan komponen di dalam nya selalu mengalami peningkatan spesifikasi yang diikuti oleh peningkatan harga. Oleh karena itu pemilihan komputer berdasarkan spesifikasi dan kebutuhan pengguna sangat penting dilakukan, namun banyak orang yang tidak memiliki pemahaman tentang komponen di dalam komputer. Sebelumnya, terdapat penelitian yang dapat memberi pengetahuan kepada sekelompok murid dengan sebuah gim. Penelitian tersebut dirancang menggunakan metode 7 Steps for Designing Serious Games. Gim yang dapat membantu atau memberikan pemahaman kepada pemain gim dan digunakan untuk tujuan selain hiburan termasuk dalam jenis serious games. Maka dari itu, dilakukan perancangan gim simulasi perakitan komputer dengan metode perancangan 7 Steps for Designing Serious Games. Metode 7 Steps Designing for Serious Games digunakan dalam merancang permainan untuk mengetahui kebutuhan dan tujuan dari pemain berdasarkan quality control oleh ahli kognitif, sehingga hasil perancangan permainan ini dapat memenuhi keinginan pemain. Penelitian ini membahas analisa kebutuhan pemain, perancangan permainan, implementasi permainan, pengujian dan evaluasi permainan. Berdasarkan pengujian usability dalam aspek satisfaction didapat nilai rata-rata positive experience 3.41 dari 20 responden, maka diketahui permainan dapat dimainkan dengan baik oleh pemain. Uji validasi memperoleh nilai rata-rata 79.2 dari 5 ahli komputer, menunjukan bahwa permainan yang dikembangkan masuk ke dalam jenis serious games.
|
|
Publication, Distribution, Etc. |
Fakultas Ilmu Komputer (FILKOM), Universitas Brawijaya |
|
Electronic Location and Access |
application/pdf http://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/9537 |
|
Data Source Entry |
Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer; Vol 5 No 8 (2021): Agustus 2021 |
|
Language Note |
ind |
|
Terms Governing Use and Reproduction Note |
Hak Cipta (c) 2021 Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer |
|