Record Details

Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Gamification Bagi Siswa SMK Keminatan RPL (Studi Kasus : SMKN 5 Malang)

Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer

View Archive Info
 
 
Field Value
 
ISSN 2548-964X
 
Authentication Code dc
 
Title Statement Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Gamification Bagi Siswa SMK Keminatan RPL (Studi Kasus : SMKN 5 Malang)
 
Added Entry - Uncontrolled Name Maulana, Achmeddieo
Rusdianto, Denny Sagita
Fanani, Lutfi
Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
 
Summary, etc. Perkembangan teknologi saat ini telah mencapai segala bidang termasuk pendidikan. Dengan didukungnya teknologi, kegiatan belajar mengajar dapat menjadi lebih baik. SMK Negeri 5 Malang memiliki fasilitas yang cukup dari segi teknologi, namun fasilitas tersebut belum sepenuhnya di manfaatkan untuk kegiatan belajar mengajar. Pada penelitian ini, dikembangkan sebuah aplikasi e-learning yang memiliki fitur forum diskusi untuk melakukan proses diskusi diluar kegiatan belajar mengajar. Pengembangan aplikasi e-learning ini menggunakan pendekatan gamification agar dapat menarik perhatian siswa-siswi untuk terus menggunakan ­e-learning tersebut.  Proses pengembangan sistem dilakukan dengan menggunakan metode waterfall. Sistem yang dikembangkan memiliki 52 kebutuhan fungsional dan 1 kebutuhan non fungsional. Pengujian kebutuhan fungsional yang dilakukan yaitu pengujian black box dan white box dengan hasil 100% valid. Pengujian kebutuhan non-fungsional yang dilakukan yaitu pengujian compatibility dengan hasil 5 critical issues pada browser tersebut. Berdasarkan hasil yang diperoleh dalam penelitian ini dapat disimpulkan forum diskusi e-learning untuk programmer pada mata pelajaran RPL menggunakan pendekatan gamification dapat digunakan sebagai media pembelajaran yang akan membantu saat proses belajar mengajar dan juga mempermudah guru memberikan materi diluar jam pelajaran tersebut.
 
Publication, Distribution, Etc. Fakultas Ilmu Komputer (FILKOM), Universitas Brawijaya
 
Electronic Location and Access application/pdf
http://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/8103
 
Data Source Entry Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer; Vol 4 No 10 (2020): Oktober 2020
 
Language Note ind
 
Terms Governing Use and Reproduction Note Hak Cipta (c) 2020 Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer
 


www.freevisitorcounters.com