Evaluasi Usability dan Rekomendasi Perbaikan User Interface pada Aplikasi Mobile Cinepolis Indonesia menggunakan Metode Usability Testing
Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer
View Archive InfoField | Value | |
ISSN |
2548-964X |
|
Authentication Code |
dc |
|
Title Statement |
Evaluasi Usability dan Rekomendasi Perbaikan User Interface pada Aplikasi Mobile Cinepolis Indonesia menggunakan Metode Usability Testing |
|
Added Entry - Uncontrolled Name |
Prameswari, Handita Anya Mursityo, Yusi Tyroni Az-zahra, Hanifah Muslimah Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya |
|
Summary, etc. |
Pada era globalisasi seperti saat ini, persaingan bisnis sangatlah ketat untuk melakukan pendekatan kepada konsumen guna memberikan layanan terbaik. Cinepolis Indonesia menyediakan aplikasi yang membantu pelanggan dalam melakukan pemesanan tiket film secara online dengan mengusung tagline “Mudah, Aman, Nyamanâ€. Namun, berdasarkan observasi dan ulasan pengguna, ditemukan permasalahan antarmuka pengguna, diantaranya penggunaan sorting yang berulang, tidak ada fitur untuk melihat trailer film dan film yang akan datang, serta terdapat beberapa elemen dalam aplikasi yang mengalami permasalahan. Maka, diperlukan penelitian untuk mengetahui tingkat usability aplikasi Cinepolis Indonesia yang terdiri dari empat metrik, yaitu Learnability, Efficiency, dan Errors menggunakan metode Usability Testing, sedangkan untuk Satisfaction menggunakan LEMTool - Measuring Emotions in Visual Interfaces. Setelah dilakukan evaluasi pertama, ditemukan 16 masalah dari 8 task scenario yang diujikan. Kemudian, setelah dilakukan perbaikan desain antarmuka pengguna berdasarkan temuan masalah yang mengacu pada Apple Human Interface Guidelines dan dilakukan evaluasi kedua, maka hasil penghitungan metrik usability dibandingkan. Aspek Learnability mengalami peningkatan sebesar 19%, dari 77% pada evaluasi pertama, menjadi 96,1% pada evaluasi kedua. Aspek Efficiency meningkat sebanyak 3%, dari 8% pada evaluasi pertama menjadi 11% pada evaluasi kedua. Aspek Errors mengalami penurunan signifikan sebesar 19%, dari 21% pada evaluasi pertama menjadi 2% pada evaluasi kedua. Terakhir, aspek Satisfaction mengalami peningkatan sebesar 29,89%, dari 69% pada evaluasi pertama menjadi 98,89% pada evaluasi kedua. Maka, dapat disimpulkan bahwa desain hasil perbaikan antarmuka pengguna memiliki nilai usability yang lebih baik bila dibandingan dengan desain antarmuka pengguna aplikasi Cinepolis Indonesia sebelum dilakukan perbaikan.
|
|
Publication, Distribution, Etc. |
Fakultas Ilmu Komputer (FILKOM), Universitas Brawijaya |
|
Electronic Location and Access |
application/pdf http://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/8333 |
|
Data Source Entry |
Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer; Vol 4 No 12 (2020): Desember 2020 |
|
Language Note |
ind |
|
Terms Governing Use and Reproduction Note |
Hak Cipta (c) 2020 Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer |
|