Record Details

Audit Informasi pada Unit Layanan Book Carrier Perpustakaan Bank Pustaka

Jurnal Ilmu Informasi Perpustakaan dan Kearsipan

View Archive Info
 
 
Field Value
 
ISSN 2502-7409
1411-0253
 
Authentication Code dc
 
Title Statement Audit Informasi pada Unit Layanan Book Carrier Perpustakaan Bank Pustaka
 
Personal Name Fauziah, Kiki
Departemen Ilmu Perpustakaan, Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya, Universitas Indonesia, Kota Depok, 16424, Indonesia
 
Uncontrolled Index Term audit informasi; layanan book carier; layanan perpustakaan; perpustakaan khusus; evaluasi layanan; book carrier services; information audit; library services; special library; service evaluation
 
Summary, etc. Penelitian ini membahas mengenai proses audit informasi pada unit layanan book carrier di Perpustakaan bank Pustaka. Tujuan penelitian ini untuk melihat alur informasi pelaksanaan layanan book carrier, mengidentifikasi efektifitas instruksi kerja layanan book carrier dan mengidentifikasi kebutuhan informasi pada unit layanan book carrier. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan analisis dokumen. Hasil penelitian ditemukan miscommunication antara koordinator dan staf dalam pemberian arahan pelaksanaan, tidak tersalurnya instruksi kerja layanan book carrier kepada staf penjaga book carrier, pemilihan koleksi yang terdapat pada gerobak book carrier masih belum disesuaikan dengan kebutuhan informasi pengguna yang terdapat pada satuan kerja yang akan dikunjungi, dan masih sering terjadinya duplikasi terkait koleksi yang terdapat pada gerobak book carrier setiap pekannya.   Kata Kunci: audit informasi, layanan book carier, layanan perpustakaan, perpustakaan khusus, evaluasi layanan Abstract   This article discusses information audit process in the book carrier service unit of Bank Pustaka Library. The purpose of this study was to see flow of information on the book carrier services, to identify effectiveness of work instructions for book carrier services and to identify information needs in the book carrier service unit. This research used a qualitative approach with a case study method. The data collection was conducted by interview, observation, and document analysis. The study results found that there was miscommunication between the coordinator and staff in providing work instructions, work instructions of the book carrier service were not delivered to the book carrier guard staff, the selection of collections contained in the book carrier cart was not adjusted yet to the information needs of the users in the work unit to be visited, and there was duplication related to the collections in the book carrier cart every week.   Keywords: book carrier services, information audit, library services, special library, service evaluation
 
Publication, Distribution, Etc. Departemen Ilmu Perpustakaan dan Informasi
 
Electronic Location and Access application/pdf
http://jipk.ui.ac.id/index.php/jipk/article/view/217
 
Data Source Entry Jurnal Ilmu Informasi, Perpustakaan, dan Kearsipan; Vol 22, No 2 (2020): Jurnal Ilmu Informasi, Perpustakaan, dan Kearsipan Volume 22 No. 2, Oktober 2020
 
Language Note ind
 
Terms Governing Use and Reproduction Note ##submission.copyrightStatement##
 


www.freevisitorcounters.com