Persepsi Pustakawan terhadap Transformasi Perpustakaan berbasis Inklusi Sosial pada Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Maluku
Jurnal Ilmu Informasi Perpustakaan dan Kearsipan
View Archive InfoField | Value | |
ISSN |
2502-7409 1411-0253 |
|
Authentication Code |
dc |
|
Title Statement |
Persepsi Pustakawan terhadap Transformasi Perpustakaan berbasis Inklusi Sosial pada Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Maluku |
|
Added Entry - Uncontrolled Name |
Ruhukail, Cliff Johanes Koerniawati, Tintien Program Studi Perpustakaan dan Sains Informasi, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Kristen Satya Wacana, Salatiga, 50711, Indonesia Program Studi Perpustakaan dan Sains Informasi, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Kristen Satya Wacana, Salatiga, 50711, Indonesia |
|
Uncontrolled Index Term |
Literasi Informasi; Persepsi Pustakawan; Inklusi Sosial; Transformasi Perpustakaan; Strategi Penerapan Transformasi Perpustakaan |
|
Summary, etc. |
Transformasi perpustakaan berbasis inklusi sosial berdampak signifikan bagi pustakawan dalam mengembangkan potensinya, dan meningkatkan kualitas hidup masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi pustakawan pada Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Maluku tentang strategi pelaksanaan program transformasi perpustakaan berbasis inklusi sosial berdasarkan aspek Connectivity, Content, dan Human. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi, serta dianalisis menggunakan teknik analisis data menurut Miles dan Huberman (1992). Hasil penelitian menunjukkan bahwa belum maksimalnya penerapan program transformasi perpustakaan berbasis inklusi sosial pada Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Maluku terkait hambatan dalam ketiga aspek yaitu (1) Connectivity: belum tersedianya ruang layanan yang cukup besar guna menunjang kebutuhan pemustaka; belum meratanya penyediaan Wi-Fi; belum disesuaikannya jam pelayanan perpustakaan dengan kebutuhan pemustaka; inkonsisten mengevaluasi kepuasan pengguna perpustakaan. (2) Content: belum terlaksana pengadaan bahan pustaka baru; minimnya pengetahuan tentang manfaat koleksi digital; belum maksimalnya sosialisasi perpustakaan. (3) Human: belum adanya pemerataan diklat bagi pustakawan; belum meluasnya jaringan kemitraan. Strategi yang perlu dilakukan pustakawan adalah pentingnya memperkaya diri dengan berbagai informasi guna mengaplikasikannya kepada masyarakat; melakukan terobosan dalam mengembangkan layanan dan promosi perpustakaan; mengevaluasi kepuasan pengguna secara berkelanjutan; serta mengikuti berbagai pelatihan guna meningkatkan pengetahuan.
Abstract
The library transformation based on social inclusion has a significant impact on librarians in developing, and improving the quality of the community life. This study focuses on the perceptions of librarians at Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Maluku regarding the strategy for implementing the library transformation based on the aspects of Connectivity, Content, and Human. The type of research is a descriptive study with a qualitative approach. Techniques of data collecting used observation, interviews, and documentation, and analyzed by using Miles and Huberman’s techniques (1992). The results show that it has not been maximally implementation related to the three aspects, namely (1) Connectivity: there is not enough service space available to support the needs of users; unavailable of Wi-Fi; the hours of library services have not been adjusted to the needs of users; inconsistently in evaluating user satisfaction. (2) Content: procurement of new library materials has not been carried out; lack of knowledge in using digital collections; library socialization has not been maximized. (3) Human: there is no equal distribution of education and training for librarians not expanded the partnership network yet. The strategy, which the librarians need are: enriching their knowledge in library services and promotions; evaluate user satisfaction as well as attending various trainings to increase themselves.
|
|
Publication, Distribution, Etc. |
Departemen Ilmu Perpustakaan dan Informasi |
|
Electronic Location and Access |
application/pdf http://jipk.ui.ac.id/index.php/jipk/article/view/243 |
|
Data Source Entry |
Jurnal Ilmu Informasi, Perpustakaan, dan Kearsipan; Vol 23, No 2 (2021): Jurnal Ilmu Perpustakaan, Informasi dan Kearsipan Vol. 23 No. 2, Oktober 2021 |
|
Language Note |
ind |
|
Terms Governing Use and Reproduction Note |
##submission.copyrightStatement## |
|