Record Details

Layanan Library E-Resources Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa di Perguruan Tinggi Kota Pekanbaru Semester Genap Tahun Akademis 2020/2021

Jurnal Gema Pustakawan

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Layanan Library E-Resources Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa di Perguruan Tinggi Kota Pekanbaru Semester Genap Tahun Akademis 2020/2021
Layanan Library E-Resources Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa di Perguruan Tinggi Kota Pekanbaru Semester Genap Tahun Akademis 2020/2021
 
Creator Hasan, Thamrin
 
Subject belajar
e-resources
library
prestasi
learning
e-resources
service
libraries
achievements
 
Description This study aims to determine the effect of library e-resources services on student learning achievement in the even semester of the 2020/2021 academic year. The method used is a survey with correlational techniques. Research respondents were active students totaling 300 people taken from 20 public and private universities located in Pekanbaru City, using quata sampling technique. The research instrument used a questionnaire, with a Likert scale model. The data analysis technique used is descriptive statistical analysis technique and inferential statistical analysis. The results showed that there was an influence between library e-resources services on student achievement, with a correlation coefficient (R) of 0.029. The value of this correlation coefficient indicates that the level of strength of the relationship is very weak. And obtained the value of the coefficient of determination R Square (R2) of 0.001. This means that it shows that the effect of variable X on Y is only 0.01%. The results of this study are very useful for the improvement and improvement of e-resources library services, especially at universities in Pekanbaru City. The conclusions of this study indicate that student achievement can be improved by providing e-resources library services.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh layanan library e-resources terhadap prestasi belajar mahasiswa pada semester genap tahun akademis 2020/2021. Metode yang digunakan adalah survei dengan teknik korelasional. Responden penelitian adalah mahasiswa aktif berjumlah 300 orang yang diambil dari 20 perguruan tinggi negeri dan swasta yang berada di Kota Pekanbaru, dengan menggunakan teknik quata sampling. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner, dengan model skala Likert. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh antara layanan library e-resources terhadap prestasi belajar mahasiswa, dengan koefisien korelasi ( R ) sebesar 0,029. Nilai koefisien korelasi ini menunjukan bahwa tingkat kekuatan hubungannya sangat lemah. Dan diperoleh nilai koefisien determinasi R Square (R2) sebesar 0,001. Ini artinya menunjukkan bahwa pengaruh variable X terhadap Y hanya sebesar 0,10%. Hasil penelitian ini sangat berguna bagi perbaikan dan peningkatan layanan library e-resources terutama pada perguruan tinggi Kota Pekanbaru. Simpulan penelitian ini menunjukkan bahwa prestasi belajar mahasiswa dapat ditingkat dengan penyediaan layanan library e-resources.  
 
Publisher Perpustakaan Universitas Riau
 
Date 2022-01-10
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier https://jgp.ejournal.unri.ac.id/index.php/jgp/article/view/26
10.31258/jgp.9.2.100-113
 
Source Jurnal Gema Pustakawan; Vol. 9 No. 2 (2021); 100-113
Jurnal Gema Pustakawan; Vol 9 No 2 (2021); 100-113
2829-4920
2338-2171
 
Language ind
 
Relation https://jgp.ejournal.unri.ac.id/index.php/jgp/article/view/26/15
 
Rights Copyright (c) 2022 Thamrin Hasan
https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0
 


www.freevisitorcounters.com