Record Details

Kredibilitas dan Daya Tarik Pustakawan Sebagai Komunikator Terhadap Kepuasan dan Loyalitas Pemustaka

Jurnal Gema Pustakawan

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Kredibilitas dan Daya Tarik Pustakawan Sebagai Komunikator Terhadap Kepuasan dan Loyalitas Pemustaka
Kredibilitas dan Daya Tarik Pustakawan Sebagai Komunikator Terhadap Kepuasan dan Loyalitas Pemustaka
 
Creator Nurasmi
Nurjanah
Zurkarnain
 
Subject kredibilitas
pustakawan
daya Tarik
kepuasan
loyalitas
credibility
librarian
attraction
Satisfaction
and loyalty
 
Description Good library management must be implemented. In order for management to be carried out properly, a credible and competent librarian is needed in carrying out their duties. This study aims to examine the effect of librarian credibility and librarian attractiveness on visitor satisfaction and loyalty. The research uses a quantitative approach. The analytical method used is Structural Equation Modeling (SEM). Statistical analysis tools used are PSPP and LISREL application. The number of research samples is 200 people. The final analysis used Confirmatory Factor Analysis (CFA). The results showed that the credibility of the librarian has a significant effect on visitor satisfaction (T value = 4.34), the attractiveness of the librarian has a significant effect on visitor satisfaction (T = 3.302). The librarian's credibility does not directly have a significant effect on customer loyalty (T-values = 1.22) but indirectly significantly (T-values = 2.129), the attractiveness of librarians does not directly significantly affect customer satisfaction (T-values). = 1.07), but through intervention (indirectly the attractiveness of librarians has a significant effect on customer loyalty (T value = 2.354), customer satisfaction also has a significant effect on customer loyalty (T value = 2.42). significant direct effect on visitor satisfaction and indirectly on the loyalty of library users at the Riau University Library.
Untuk dapat mengelola perpustakaan dengan baik, diperlukan pustakawan yang kredibel dan kompeten dalam menjalankan tugasnya. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh kredibilitas pustakawan dan daya tarik pustakawan terhadap kepuasan dan loyalitas pengunjung. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif. Metode analisis digunakan adalah Structural Equation Modeling (SEM). Alat analisis statistik yang digunakan adalah PSPP dan aplikasi LISREL. Jumlah sampel penelitian 200 orang. Analisis akhir menggunakan Confirmatory Factor Analysis (CFA). Hasil penelitian menunjukkan bahwa kredibilitas pustakawan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pengunjung (nilai T = 4,34), daya tarik pustakawan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pengunjung (nilai T = 3,302). Kredibilitas pustakawan secara langsung tidak berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan (T-values = 1,22) tetapi secara tidak langsung berpengaruh signifikan (T-values = 2,129), daya tarik pustakawan tidak secara langsung berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan (T-values). = 1,07), tetapi melalui intervensi (secara tidak langsung daya tarik pustakawan berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan (nilai T = 2,354), kepuasan pelanggan juga berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan (nilai T = 2,42). kredibilitas dan daya tarik pustakawan berpengaruh langsung signifikan terhadap kepuasan pengunjung dan secara tidak langsung terhadap loyalitas pengguna perpustakaan di Perpustakaan Universitas Riau.
 
Publisher Perpustakaan Universitas Riau
 
Date 2021-07-16
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier https://jgp.ejournal.unri.ac.id/index.php/jgp/article/view/22
10.31258/jgp.9.1.38-51
 
Source Jurnal Gema Pustakawan; Vol. 9 No. 1 (2021); 38-51
Jurnal Gema Pustakawan; Vol 9 No 1 (2021); 38-51
2829-4920
2338-2171
 
Language eng
 
Relation https://jgp.ejournal.unri.ac.id/index.php/jgp/article/view/22/11
 
Rights Copyright (c) 2021 Nurasmi nurasmi, Nurjanah, Zurkarnain
https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0
 


www.freevisitorcounters.com