Record Details

Kajian Terhadap Kepuasan Pemustaka dalam Menerima Layanan Petugas Perpustakaan di Perpustakaan Universitas Negeri Jakarta

Jurnal Gema Pustakawan

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Kajian Terhadap Kepuasan Pemustaka dalam Menerima Layanan Petugas Perpustakaan di Perpustakaan Universitas Negeri Jakarta
Kajian Terhadap Kepuasan Pemustaka dalam Menerima Layanan Petugas Perpustakaan di Perpustakaan Universitas Negeri Jakarta
 
Creator Pahlevy, Ahmad Rijal
Hasan, Thamrin
 
Subject kepuasan
pemustaka
kinerja
perpustakaan
satisfaction
user
performance
and libraries
 
Description User satisfaction is important in determining the growth and progress of the library. Users who feel satisfaction with library services tend to feel happy. Conversely, those who do not feel satisfied tend to feel displeased. Feelings of pleasure and displeasure are perceptions that are relative. Empirically the symptoms of perception of feeling happy and not happy with the service can be seen. This is a serious concern and a question that must be answered, how is the level of user satisfaction with the services of officers at the Jakarta State University library. The purpose of the study was to determine the level of user satisfaction with the services of the Jakarta State University librarian. The study uses a descriptive method. The sample studied was 350 respondents. The sampling technique was carried out by accidental sampling. The research instrument used a questionnaire with a Likert scale model. The data analysis technique used descriptive statistical analysis. The results of the research as a whole indicate that the satisfaction of users with the services of librarian is included in the satisfactory category. It can be shown that the total average score generated is 3.70. The results of this study are useful for determining strategies in improving the performance of library services. The conclusion of the study shows that the users are satisfied with the services of the librarian. This means that the service performance of the librarian can provide satisfaction.
Keywords: satisfaction; user; performance; and libraries.
Kepuasan pemustaka merupakan hal penting dalam menentukan pertumbuhan dan kemajuan perpustakaan. Pemustaka yang merasakan adanya kepuasan terhadap layanan perpustakaan cenderung merasa senang. Sebaliknya yang tidak merasakan kepuasan cenderung merasa tidak senang. Rasa senang dan tidak senang merupakan persepsi yang bersifat relatif. Secara empirik gejala persepsi dari rasa senang dan tidak senang terhadap layanan dapat terlihat. Hal ini menjadi perhatian serius dan menjadi sebuah pertanyaan yang harus dijawab, bagaimana tingkat kepuasan pemustaka terhadap layanan petugas di perpustakaan Universitas Negeri Jakarta. Tujuan penelitian untuk mengetahui tingkat kepuasan pemustaka terhadap layanan petugas perpustakaan Universitas Negeri Jakarta. Kajian menggunakan metode deskrptif. Sampel yang diteliti 350 responden. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara accidental sampling. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner dengan model skala Likert. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian secara keseluruhan menunjukkan bahwa kepuasan pemustaka terhadap layanan petugas perpustakaan termasuk kategori memuaskan. Hal ini dapat ditujukkan bahwa skor rerata total yang dihasilkan sebesar 3,70. Hasil penelitian ini berguna untuk menentukan strategi dalam peningkatan kinerja layanan perpustakaan. Simpulan penelitian menunjukkan bahwa pemustaka merasa puas terhadap layanan petugas perpustakaan. Artinya adalah bahwa kinerja layanan yang dimiliki petugas perpustakaan dapat memberikan kepuasan. Kata Kunci: kepuasan; pemustaka; kinerja; dan perpustakaan.
 
Publisher Perpustakaan Universitas Riau
 
Date 2021-07-16
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier https://jgp.ejournal.unri.ac.id/index.php/jgp/article/view/18
10.31258/jgp.9.1.69-83
 
Source Jurnal Gema Pustakawan; Vol. 9 No. 1 (2021); 69-83
Jurnal Gema Pustakawan; Vol 9 No 1 (2021); 69-83
2829-4920
2338-2171
 
Language eng
 
Relation https://jgp.ejournal.unri.ac.id/index.php/jgp/article/view/18/13
 
Rights Copyright (c) 2021 Ahmad Rijal Pahlevy-1
https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/
 


www.freevisitorcounters.com