Record Details

Implementasi SIGELIS Melalui Model PSBB (Promosi, Share, Knowledge, Information, Budaya, Baca) Sebagai Aktualisasi Pengembangan Perpustakaan Sekolah

JIPI: Jurnal Ilmu Perpustakaan dan Informasi

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Implementasi SIGELIS Melalui Model PSBB (Promosi, Share, Knowledge, Information, Budaya, Baca) Sebagai Aktualisasi Pengembangan Perpustakaan Sekolah
 
Creator Wati, Erna; UIN Sunan Kalijaga Jogyakarta
 
Subject Library and Information Science
Perpustakaan Sekolah, Pustakawan Sekolah, SI Gelis, PSBB

 
Description Peran perpustakaan sekolah sebagai instrument pendidikan dan reformasi kurikulum sangat penting untuk menciptakan sistem pendidikan yang efektif bagi masyarakat civitas akademik. Dengan demikian maka akan tercipta suatu masyarakat yang melek informasi dan literasi. Point penting yang harus dilakukan guna meningkatkan eksistensi perpustakaan sekolah yaitu : pertama,  perpustakaan sekolah harus dikelola oleh SDM yang professional di bidangnya. Kedua, kepedulian stakeholder sekolah  dengan berkolaborasi ke perpustakaan. Dalam lingkungan pendidikan, pustakawan menjadi salah satu penggerak pengembangan perpustakaan. Hal ini pustakawan dituntut harus kompeten dan professional dalam merencanakan dan mengajarkan berbagai keterampilan pengelolaan informasi kepada para guru dan siswa. Maka dari itu, sudah tentu menjadi seorang pustakawan terus mengembangkan profesionalitasnya agar perpustakaan tetap eksis dan maju mengikuti perkembangan zaman. Selain itu, agar perpustakaan tetap eksis dan berkembang diperlukan kegiatan-kegiatan yang mendongkrak keberhasilan perpustakaan sebagai jantungnya sekolah. Best Practice ini diharapkan dapat memberikan stimulus bagi pengguna perpustakaan khususnya disekolah dalam mengembangkan perpustakaannya dengan serangkaian kegiatan-kegiatan yang menarik. Selain itu menjadi basis program kegiatan literasi di sekolah. Guna mendongkrak Pengembangan Perpustakaan diperlukan adanya kegiatan-kegiatan yang berkenaan dengan Literasi. Si Gelis dengan Model PSBB menjadi rangkaian kegiatan literasi di Sekolah Sukma Bangsa Lhokseumawe dan peran serta dalam kegiatan Nawacita GLS Kemendikbud RI.
 
Publisher Progam Studi Ilmu Perpustakaan UIN Sumatera Utara Medan
 
Contributor
 
Date 2021-05-10
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article

 
Format application/pdf
 
Identifier http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/jipi/article/view/8466
10.30829/jipi.v6i1.8466
 
Source JIPI (Jurnal Ilmu Perpustakaan dan Informasi); Vol 6, No 1 (2021); 1-16
2528-021X
 
Language eng
 
Relation http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/jipi/article/view/8466/4306
http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/jipi/article/downloadSuppFile/8466/1404
 
Coverage


 
Rights Copyright (c) 2020 JIPI (Jurnal Ilmu Perpustakaan dan Informasi)
http://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0
 


www.freevisitorcounters.com