Record Details

Dampak Pembatasan Sosial Berskala Besar dalam Layanan dan Upaya yang Dilakukan untuk Meningkatkan Layanan Perpustakaan di Institut Pemerintahan Dalam Negeri Jatinangor

Jurnal IPI (Ikatan Pustakawan Indonesia)

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Dampak Pembatasan Sosial Berskala Besar dalam Layanan dan Upaya yang Dilakukan untuk Meningkatkan Layanan Perpustakaan di Institut Pemerintahan Dalam Negeri Jatinangor
 
Creator Sumiati, Eti
Wijonarko
 
Subject Library, Pustakawan , Library Services, Pandemic Covid-19, Large-Scale Social Restrictions
 
Description Pandemi Covid-19 masuk Indonesia pada bulan Maret Tahun 2020 yang membuat Pemerintah mengeluarkan kebijakan mengenai PSBB yang tertuang dalam Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 21 Tahun 2020.  Sebagaimana diatur dalam Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2018 tentang Kekarantinaan Kesehatan. Pembatasan Sosial Berskala Besar salah satunya meliputi peliburan sekolah. Institut Pemerintahan Dalam Negeri di Jatinangor merupakan salah satu perguruan tinggi yang mengalami dampak pandemi covid-19. Selain penghentian proses belajar mengajar, fasilitas yang disediakan pun dihentikan yang salah satunya adalah perpustakaan. Fenomena yang terjadi dalam penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar dalam upaya meminimalisir dampak pandemi Covid-19 di lingkungan perpustakaan Institut Permerintahan Dalam Negeri Jatinangor adalah terjadinya penurunan jumlah kunjungan yang sangat jauh dari tahun sebelumnya yaitu sebesar 62,82% dari tahun 2020 sebanyak 21.204 dan sebanyak 7.883 pada tahun 2019. Tujuan dalam peneilitian ini adalah membandingkan pelayanan perpustakaan Institut Pemerintahan Dalam Negeri  Jatinangor sebelum dan sesudah penerapan PSBB semasa pandemi Covid-19 dan upaya dalam memaksimalkan pelayanan selama pandemi Covid-19. Metode yang dilakukan dalam penelitian ini adalah metode deskripkif yang memaparkan mengenai pelayanan yang diterapkan oleh perpustakaan Institut Pemerintahan Dalam Negeri di Jatinangor. selama masa pandemi Covid-19 di Indonesia. Dalam hal ini upaya utama yang dilakukan pustakawan beserta staff pelayanan perpustakaan Insitut Pemerintahan Dalam Negeri adalah mengarahkan pemustaka agar dapat memanfaatkan fasilitas digital library di Perpustakaan Nasional Indonesia. Selanjutkan pustawakan perpustakaan Insitut Pemerintahan Dalam Negeri Jatinangor sedang mengupayakan dapat melayani secara maksimal melalui digital library dengan menambah koleksi e-book sesuai dengan kebutuhan fisik buku yang telah dimiliki perpustakaan. Hal ini diyakini dapat memaksimalkan upaya dalam melayani pemustaka selama proses tatap muka dibatasi bahkan dihentikan.
 
Publisher Ikatan Pustakawan Indonesia
 
Date 2021-09-23
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
 
Format application/pdf
 
Identifier https://jurnal.ipi.web.id/jurnalipi/article/view/119
 
Source Jurnal IPI (Ikatan Pustakawan Indonesia); Vol. 6 No. 2 (2021): September; 397-404
2621-4873
2355-8962
 
Language eng
 
Relation https://jurnal.ipi.web.id/jurnalipi/article/view/119/76
 
Rights Copyright (c) 2021 Jurnal IPI (Ikatan Pustakawan Indonesia)
http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0
 


www.freevisitorcounters.com