Record Details

Mempromosikan Open Educational Resources Untuk Memperkaya Sumber Pembelajaran di Perguruan Tinggi di Indonesia

AL-MAKTABAH

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Mempromosikan Open Educational Resources Untuk Memperkaya Sumber Pembelajaran di Perguruan Tinggi di Indonesia
 
Creator Harliansyah, Faizuddin
 
Subject pendidikan terbuka; sumber daya pendidikan terbuka; oer; buku teks
 
Description Artikel ini bersifat konseptual (conceptual paper) dan bertujuan untuk mempromosikan Open Educational Resources (OER) yang telah dikembangkan oleh berbagai perguruan tinggi dan organisasi dari seluruh dunia sebagai sumber pembelajaran di perguruan tinggi di Indonesia. Dengan promosi seperti ini, pihak-pihak yang terlibat dalam proses pembelajaran di perguruan tinggi di Indonesia akan semakin familiar dengan OER sehingga pada gilirannya akan terdorong untuk mengadopsi atau menggunakannya. Sesuai dengan tujuan tulisan ini, maka pada bagian awal, tulisan ini membahas konsep dasar inisiatif OER, dan definisi OER. Pengertian kata “Open” dieksplorasi dan dielaborasi dari berbagai pandangan pakar OER. Di bagian selanjutnya, tulisan ini menguraikan kategorisasi dan jenis-jenis OER, terutama yang relevan dengan pembelajaran di perguruan tinggi. Jenis-jenis OER yang dibahas di sini meliputi individual OER, Open Textbook, Open CourseWare (OCW), dan Massive Open Online Course (MOOC). Di bagian akhir, tulisan ini mengulas berbagai manfaat pengadopsian atau penggunaan OER dalam kontek perguruan tinggi, baik dari sisi mahasiswa, dosen, maupun lembaga perguruan tinggi, berdasarkan hasil penelitian dari berbagai negara).
 
Publisher Pusat Perpustakaan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
 
Contributor
 
Date 2022-01-12
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion

 
Format application/pdf
 
Identifier https://journal.uinjkt.ac.id/index.php/al-maktabah/article/view/24153
10.15408/almaktabah.v19i2.24153
 
Source Al Maktabah; Vol 19, No 2 (2020): Al Maktabah
0125-9334
 
Language eng
 
Relation https://journal.uinjkt.ac.id/index.php/al-maktabah/article/view/24153/9715
 
Rights Copyright (c) 2022 Al Maktabah
 


www.freevisitorcounters.com