Record Details

Evaluasi Pengunjung Terhadap Layanan Di Perpustakaan Ganesha SMA N 1 Jetis Bantul

UNILIB: Jurnal Perpustakaan

View Archive Info
 
 
Field Value
 
ISSN 2715-274x
1979-9527
 
Authentication Code dc
 
Title Statement Evaluasi Pengunjung Terhadap Layanan Di Perpustakaan Ganesha SMA N 1 Jetis Bantul
 
Personal Name Surniawati, Safutri
SMA N 1 JETIS BANTUL
 
Uncontrolled Index Term Layanan;jenis layanan;Perpustakaan Ganesha SMA N 1 Jetis
 
Summary, etc. Layanan adalah suatu hal pokok yang harus ada di perpustakaan. Perpustakaan sekolah tentunya mempunyai karakter yang berbeda dari perpustakaan yang lain, yang tentunya juga konsep layanannya disesuaikan dengan katakter peserta didik. Tolok ukur keberhasilan perpustakaan adalah seberapa puas pustakawan akan layanan yang diberikan guna memenuhi kebutuhan baik untuk mencari informasi maupun pemanfaatan perpustakaan sebagai sarana rekreasi dan penelitian. Perpustakaan Ganesha memiliki beberapa jenis layanan diantaranya; Layanan Informasi, Layanan Referensi, Layanan Sirkulasi, Layanan Serial, Layanan Baca Ditempat, Layanan Fotokopi, Layanan Bebas Pustaka, Layanan Bercerita, Layanan Anak, Layanan Pojok Baca, dan  Layanan Pemutaran Film. Layanan yang disediakan sudah terjadwal dengan berkala, sehingga perpustakaan Ganesha melaksanakan program layanan tersebut dengan tertib dan baik. Tujuan penelitian ini adalah (1)Mendiskripsikan jenis layanan yang terdapat pada perpustakaan Ganesha. (2) Untuk mengevaluasi pengunjung dalam layanan perpustakaan. Dalam penelitian ini pengumpulan data yang digunakan ialah metode observasi.Subjek penelitian ini adalah petugas perpustakaan SMA N 1 Jetis Bantul.Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada kecenderungan penurunan jumlah pengunjung dari bulan febuari 54,49% ke bulan april 16,77% . Hal ini disebabkan oleh persiapan ujian kelas XII serta  kurang beragamnya jumlah dan jenis sumber informasi yang dimiliki oleh perpustakaan SMA N 1 Jetis Bantul. Adanya sifat proaktif dari pustakawan terhadap mutu layanan yang diberikan kepada pemustaka juga turut andil dalam membuat daya Tarik untuk pemustaka agar berkunjung ke perpustakaan.
 
Publication, Distribution, Etc. Universitas Islam Indonesia
 
Electronic Location and Access application/pdf
https://journal.uii.ac.id/unilib/article/view/14740
 
Data Source Entry UNILIB : Jurnal Perpustakaan; Vol. 11 No. 2 2020
 
Language Note eng
 
Terms Governing Use and Reproduction Note Copyright (c) 2020 UNILIB : Jurnal Perpustakaan
 


www.freevisitorcounters.com