Record Details

PERAN PERPUSTAKAAN DALAM PENGEMBANGAN KARAKTER ANAK MELALUI KEGIATAN MENDONGENG

Jurnal Ilmiah Perpustakaan dan Informasi (ACARYA PUSTAKA)

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title PERAN PERPUSTAKAAN DALAM PENGEMBANGAN KARAKTER ANAK MELALUI KEGIATAN MENDONGENG
 
Creator GRIADHI, PUTU SHINDY CINTIA DEWI
 
Description PERAN PERPUSTAKAAN DALAM PENGEMBANGANKARAKTER ANAK MELALUI KEGIATAN MENDONGENG PUTU SHINDY CINTIA DEWI GRIADHI, A.MD.Universitas Pendidikan Ganesha  Abstrak Perpustakaan sebagai wadah yang menyediakan berbagai macam layanan yang menunjang peran perpustakaan salah satunya yaitu kegiatan mendongeng. Dongeng merupakan media yang efektif dalam proses pembentukan karakter anak. Membaca dan mendengarkan dongeng yang menarik akan meningkatkan rasa bahagia anak dan tidak membuat anak belajar secara terpaksa. Penggunaan dongeng untuk menanamkan nilai dan moral kepada anak akan membuat anak belajar tentang nilai-nilai tersebut dan tanpa disadarinya secara perlahan akan memupuk nilai-nilai tersebut dalam kehidupan sehari-harinya. Namun, proses penanaman nilai-nilai karakter pada anak harus dilakukan secara konsisten dan terus-menerus karena anak dapat belajar lebih baik melalui pengulangan dan tentunya dari figure orang dewasa disekitarnya yaitu orang tua dan guru di sekolah. Kata kunci: perpustakaan, dongeng, karakter, anak ROLE OF LIBRARY IN DEVELOPMENT CHILDREN'S CHARACTERS THROUGH MENDONGENG ACTIVITIES Abstract  The library as a forum that provides a variety of services that support the role of the library one of which is storytelling activities. Fairytale is an effective media in the process of forming the character of children. Reading and listening to interesting tales will increase a child's happiness and not make the child learn forcibly. The use of fairy tales to instill values and morals to children will make children learn about these values and without realizing it will slowly foster these values in their daily lives. However, the process of instilling character values in children must be done consistently and continuously because children can learn better through repetition and of course from the figure of adults around them, namely parents and teachers at school. Keywords: library, fairy tales, characters, children
 
Publisher Universitas Pendidikan Ganesha
 
Contributor
 
Date 2019-11-27
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/AP/article/view/22253
10.23887/ap.v6i2.22253
 
Source Acarya Pustaka; Vol 6, No 2 (2019); 96-103
ACARYA PUSTAKA; Vol 6, No 2 (2019); 96-103
2443-0293
2442-4366
10.23887/ap.v6i2
 
Language eng
 
Relation https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/AP/article/view/22253/13900
 
Rights Copyright (c) 2019 PUTU SHINDY CINTIA DEWI GRIADHI
 


www.freevisitorcounters.com