Record Details

Penelitian ini membahas pemanfaatan perpustakaan sekolah dan pemanfaatan klub perpustakaan (books club) yang direpresentasikan dalam serial animasi “Daitoshokan no Hitsujikai (A Good Librarian Like A Good Shepherd)”. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan analisis framing. Hasil penelitian menunjukan bahwa serial animasi ini merepresentasikan fungsi dan pemanfaatan perpustakaan sekolah, khususnya dalam kegiatan klub perpustakaan sebagai bagian dari perpustakaan sekolah. Fungsi dan pemanfaatan perpustakaan sekolah direpresentasikan melalui perangkat-perangkat analisis framing. Perangkat analisis framing lebih berfokus kepada analisis metafora yang terkandung dalam serial animasi ini. Analisis metafora dalam penelitian ini didukung oleh analisis cerita, analisis tradisi, analisis slogan, analisis artefak atau fakta, analisis unsur yang kontras dalam serial animasi ini, analisis prasangka penonton setelah menonton serial animasi ini, dan analisis fungsi dan pemanfaatan perpustakaan yang digambarkan dalam serial animasi.  Analisis-analisis tersebut dibantu dengan analisis elemen ide yang terdapat dalam serial animasi. Selain itu, dalam serial animasi ini diperlihatkan ide bahwa perpustakaan sekolah dapat menjadi pusat aktivitas dalam lingkungan sekolah.

Jurnal Ilmu Informasi Perpustakaan dan Kearsipan

View Archive Info
 
 
Field Value
 
ISSN 2502-7409
1411-0253
 
Authentication Code dc
 
Added Entry - Uncontrolled Name Indraji, Muhammad
Mayesti, Nina
 
Summary, etc. Penelitian ini membahas pemanfaatan perpustakaan sekolah dan pemanfaatan klub perpustakaan (books club) yang direpresentasikan dalam serial animasi “Daitoshokan no Hitsujikai (A Good Librarian Like A Good Shepherd)”. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan analisis framing. Hasil penelitian menunjukan bahwa serial animasi ini merepresentasikan fungsi dan pemanfaatan perpustakaan sekolah, khususnya dalam kegiatan klub perpustakaan sebagai bagian dari perpustakaan sekolah. Fungsi dan pemanfaatan perpustakaan sekolah direpresentasikan melalui perangkat-perangkat analisis framing. Perangkat analisis framing lebih berfokus kepada analisis metafora yang terkandung dalam serial animasi ini. Analisis metafora dalam penelitian ini didukung oleh analisis cerita, analisis tradisi, analisis slogan, analisis artefak atau fakta, analisis unsur yang kontras dalam serial animasi ini, analisis prasangka penonton setelah menonton serial animasi ini, dan analisis fungsi dan pemanfaatan perpustakaan yang digambarkan dalam serial animasi.  Analisis-analisis tersebut dibantu dengan analisis elemen ide yang terdapat dalam serial animasi. Selain itu, dalam serial animasi ini diperlihatkan ide bahwa perpustakaan sekolah dapat menjadi pusat aktivitas dalam lingkungan sekolah.
 
Publication, Distribution, Etc. Departemen Ilmu Perpustakaan dan Informasi
 
Electronic Location and Access application/pdf
http://jipk.ui.ac.id/index.php/jipk/article/view/123
 
Data Source Entry Jurnal Ilmu Informasi, Perpustakaan, dan Kearsipan; Vol 19, No 2 (2017): Jurnal Ilmu Informasi, Perpustakaan, dan Kearsipan
 
Language Note eng
 
Terms Governing Use and Reproduction Note ##submission.copyrightStatement##
 


www.freevisitorcounters.com