Games-Based Learning: Konsep Pengajaran Literasi Informasi Berbasis Permainan pada Mahasiswa Strata 1 di Universitas Pelita Harapan
Jurnal Ilmu Informasi Perpustakaan dan Kearsipan
View Archive InfoField | Value | |
ISSN |
2502-7409 1411-0253 |
|
Authentication Code |
dc |
|
Title Statement |
Games-Based Learning: Konsep Pengajaran Literasi Informasi Berbasis Permainan pada Mahasiswa Strata 1 di Universitas Pelita Harapan |
|
Personal Name |
Wahyudi, Phillips Iman Hery Universitas Pelita Harapan |
|
Uncontrolled Index Term |
Library Science ; Information Literacy |
|
Summary, etc. |
Games-based learning merupakan konsep baru yang digunakan untuk pengajaran ketrampilan literasi informasi, yang selama ini justru lebih banyak diberikan dalam ruang kelas dan bersifat satu arah. Games-based learning dibagi dalam 5 pos, dimana tiap pos mewakili satu materi literasi informasi. Materi literasi informasi yang diberikan adalah identifikasi informasi, akses informasi, menggunakan informasi, sintesa dan plagiarism. HasilĀ rata-rata ketrampilan literasi informasiĀ diperoleh sebesar 3.47 sedangkan hasil rata-rata tingkat kolaborasi dan kreativitas diperoleh sebesar 3.54. hal ini menunjukkan adanya pengaruh konsep games-based learning terhadap pemahaman ketrampilan literasi informasi.
|
|
Publication, Distribution, Etc. |
Departemen Ilmu Perpustakaan dan Informasi |
|
Electronic Location and Access |
application/pdf http://jipk.ui.ac.id/index.php/jipk/article/view/145 |
|
Data Source Entry |
Jurnal Ilmu Informasi, Perpustakaan, dan Kearsipan; Vol 21, No 2 (2019): Jurnal Ilmu Informasi, Perpustakaan, dan Kearsipan Vol 21 No. 2, Oktober 2019 |
|
Language Note |
ind |
|
Terms Governing Use and Reproduction Note |
##submission.copyrightStatement## |
|