Record Details

Peran Pelajaran Perpustakaan dalam Pengenalan Kepustakaan: Studi Kasus SD Madania

Jurnal Ilmu Informasi Perpustakaan dan Kearsipan

View Archive Info
 
 
Field Value
 
ISSN 2502-7409
1411-0253
 
Authentication Code dc
 
Title Statement Peran Pelajaran Perpustakaan dalam Pengenalan Kepustakaan: Studi Kasus SD Madania
 
Personal Name Ghassani, Felisha
Sekolah Madania, Bogor, 16330, Indonesia
 
Summary, etc. Jurnal ini berfokus pada kegiatan pelajaran perpustakaan di SD Madania. Jurnal ini juga menjelaskan kegiatan yang dilakukan Perpustakaan Nasional RI dalam mengenalkan perpustakaan. Tujuan jurnal ini untuk mengetahui kegiatan pembelajaran perpustakaan di SD Madania dan kendala apa saja yang dihadapi. Penelitian ini dilakukan dengan metode kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan studi dokumen. Kesimpulan penelitian ini dapat diketahui bahwa perpustakaan SD Madania tidak memberikan pendidikan penunjang pelajaran kelas pada umumnya. Lebih dari itu, perpustakaan memberikan pendidikan perpustakaan sehingga siswa didorong untuk mandiri dalam belajar, mengeksplor informasi, dan menjaga koleksi. Pelajaran perpustakaan bukan berbentuk belajar membaca atau membantu materi pelajaran di kelas. Pelajaran yang diberikan adalah pengetahuan tentang perpustakaan meliputi empat topik utama yaitu nilai kepustakaan, kemampuan kepustakaan, kemampuan literatur, dan kemampuan riset. Kendala yang dihadapi staf perpustakaan adalah sulitnya manajemen kelas. Staf perpustakaan yang tidak memiliki latar belakang ilmu perpustakaan juga menjadi kendala dalam pengajaran.
 
Publication, Distribution, Etc. Departemen Ilmu Perpustakaan dan Informasi
 
Electronic Location and Access application/pdf
http://jipk.ui.ac.id/index.php/jipk/article/view/104
 
Data Source Entry Jurnal Ilmu Informasi, Perpustakaan, dan Kearsipan; Vol 20, No 2 (2018): Jurnal Ilmu Informasi, Perpustakaan, dan Kearsipan
 
Language Note ind
 
Terms Governing Use and Reproduction Note ##submission.copyrightStatement##
 


www.freevisitorcounters.com