Peran Pelajaran Perpustakaan dalam Pengenalan Kepustakaan: Studi Kasus SD Madania
Jurnal Ilmu Informasi Perpustakaan dan Kearsipan
View Archive InfoField | Value | |
ISSN |
2502-7409 1411-0253 |
|
Authentication Code |
dc |
|
Title Statement |
Peran Pelajaran Perpustakaan dalam Pengenalan Kepustakaan: Studi Kasus SD Madania |
|
Personal Name |
Ghassani, Felisha Sekolah Madania, Bogor, 16330, Indonesia |
|
Summary, etc. |
Jurnal ini berfokus pada kegiatan pelajaran perpustakaan di SD Madania. Jurnal ini juga menjelaskan kegiatan yang dilakukan Perpustakaan Nasional RI dalam mengenalkan perpustakaan. Tujuan jurnal ini untuk mengetahui kegiatan pembelajaran perpustakaan di SD Madania dan kendala apa saja yang dihadapi. Penelitian ini dilakukan dengan metode kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan studi dokumen. Kesimpulan penelitian ini dapat diketahui bahwa perpustakaan SD Madania tidak memberikan pendidikan penunjang pelajaran kelas pada umumnya. Lebih dari itu, perpustakaan memberikan pendidikan perpustakaan sehingga siswa didorong untuk mandiri dalam belajar, mengeksplor informasi, dan menjaga koleksi. Pelajaran perpustakaan bukan berbentuk belajar membaca atau membantu materi pelajaran di kelas. Pelajaran yang diberikan adalah pengetahuan tentang perpustakaan meliputi empat topik utama yaitu nilai kepustakaan, kemampuan kepustakaan, kemampuan literatur, dan kemampuan riset. Kendala yang dihadapi staf perpustakaan adalah sulitnya manajemen kelas. Staf perpustakaan yang tidak memiliki latar belakang ilmu perpustakaan juga menjadi kendala dalam pengajaran. |
|
Publication, Distribution, Etc. |
Departemen Ilmu Perpustakaan dan Informasi |
|
Electronic Location and Access |
application/pdf http://jipk.ui.ac.id/index.php/jipk/article/view/104 |
|
Data Source Entry |
Jurnal Ilmu Informasi, Perpustakaan, dan Kearsipan; Vol 20, No 2 (2018): Jurnal Ilmu Informasi, Perpustakaan, dan Kearsipan |
|
Language Note |
ind |
|
Terms Governing Use and Reproduction Note |
##submission.copyrightStatement## |
|