Record Details

Peran Pustakawan Pendidikan Jarak Jauh di era Disrupsi: Studi kasus di Perpustakaan Universitas Terbuka

Jurnal Pustakawan Indonesia

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Peran Pustakawan Pendidikan Jarak Jauh di era Disrupsi: Studi kasus di Perpustakaan Universitas Terbuka
 
Creator Rustiono, M Pandu
 
Description Dengan perkembangan teknologi yang semakin pesat, dunia kini memasuki era Revolusi Industri 4.0, yakni menekankan pada pola digital economy, artificial intelligence, big data, robotic, dan lain sebagainya atau yang dikenal dengan fenomena disruptive innovation. Universitas Terbuka yang menggunakan pembelajaran jarak jauh terhadap mahasiswanya tersebar dipenjuru nusantara dan di 24 negara, dalam perkuliahan di Universitas Terbuka (UT) dimana Modul (Bahan ajar) menjadi wakil dosen bagi mahasiswa,namun sejak era digital UT sudah melakukan Tutorial online (Tuton) sehingga dapat menjembatani mahasiswa dengan Dosen(Tutor). Begitu juga dalam layanan Perpustakaan, UT telah melalukan layanan secara elektronik. Seperti Ruang baca Virtual (RBV) yang menjadi primadona bagi mahasiswa UT.disamping Repository dan layanan e-Resources. Pustakawan UT diharuskan bersahabat dengan perkembangan internet, termasuk media social di era digital seperti ini.disamping itu pustakawan harus mampu mengubah pola fikir untuk menjadi mitra bagi peneliti di perguruan tinggi. Bahkan sekarang bisa di bilang era “Pustakawan digital”.
 
Publisher Perpustakaan IPB
 
Date 2019-12-17
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier https://journal.ipb.ac.id/index.php/jpi/article/view/28669
10.29244/jpi.17.2.%p
 
Source Jurnal Pustakawan Indonesia; Vol. 17 No. 2 (2018): Jurnal Pustakawan Indonesia
2686-1879
1410-5551
 
Language ind
 
Relation https://journal.ipb.ac.id/index.php/jpi/article/view/28669/18134
 
Rights Copyright (c) 2019 Jurnal Pustakawan Indonesia
 


www.freevisitorcounters.com