Record Details

Tingkat Kepuasan Pemustaka Terhadap Mutu Pelayanan Perpustakaan Berbasis Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2008

Jurnal Pustakawan Indonesia

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Tingkat Kepuasan Pemustaka Terhadap Mutu Pelayanan Perpustakaan Berbasis Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2008
 
Creator Wahyudin, Raden
Silvana R, Tine
Erwina, Wina
 
Description Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauhmana tingkat kepuasan pemustaka terhadap mutu pelayanan perpustakaan menurut perhitungan Indeks Kepuasan Pengguna dan Importance Performance Analysis, tingkat kepuasan pemustaka secara keseluruhan, dan jenis pelayanan apa yang biasa dimanfaatkan oleh pemustaka, serta berbagai kendala apa saja yang dihadapi pemustaka dalam memanfaatkan pelayanan perpustakaan setelah diimplementasikannya sistem manajemen mutu ISO 9001:2008 di Perpustakaan IPB. Metode penelitian yang digunakan adalah survey. Pengukuran variabel penelitian menggunakan metode LibQual+TM dan Skala Likert. Data yang diperoleh dari hasil penelitian dianalisa dengan Statistik Deskriptif, Indek Kepuasan Pengguna, dan Importance Performance Analysis. Sampel penelitian ini adalah pemustaka yang datang langsung ke Perpustakaan IPB berjumlah 105 orang. Tingkat kepuasan pemustaka terhadap mutu pelayanan perpustakaan menurut perhitungan Indeks Kepuasan Pengguna mengindikasikan pemustaka merasa puas sedangkan menurut perhitungan Importance Performance Analysis pemustaka merasa sangat puas sekali walaupun belum maksimal karena masih terdapat kesenjangan (gap) namun relatif kecil. Tingkat kepuasan pemustaka terhadap keseluruhan jenis pelayanan yang tersedia di Perpustakaan IPB mengindikasikan pemustaka merasa puas. Jenis pelayanan yang biasa dimanfaatkan oleh pemustaka Perpustakaan IPB adalah jenis pelayanan ruang baca dan pelayanan akses internet atau layanan digital. Kendala yang dihadapi pemustaka ketika memanfaatkan jasa pelayanan di Perpustakaan IPB yaitu: mengalami akses internet lambat dan mengalami kesulitan dalam menemukan literatur yang dibutuhkan.Kata Kunci: User satisfaction index, LibQual+TM , information search behavior, Importance Performance Analysis
 
Publisher Perpustakaan IPB
 
Date 2016-03-28
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier https://journal.ipb.ac.id/index.php/jpi/article/view/11494
 
Source Jurnal Pustakawan Indonesia; Vol. 12 No. 2 (2013): Jurnal Pustakawan Indonesia
2686-1879
1410-5551
 
Language eng
 
Relation https://journal.ipb.ac.id/index.php/jpi/article/view/11494/8989
 
Rights Copyright (c) 2016 Jurnal Pustakawan Indonesia
 


www.freevisitorcounters.com