Record Details

HUBUNGAN KERJA ANTARA DOSEN DAN PUSTAKAWAN DALAM PENDIDIKAN TINGGI

Jurnal Pustakawan Indonesia

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title HUBUNGAN KERJA ANTARA DOSEN DAN PUSTAKAWAN DALAM PENDIDIKAN TINGGI
 
Creator Saleh, Abdul Rahman
 
Description Pendidikan merupakan salah satu cara untuk mencerdaskan kehidupan bangsa. Di masa depan penyelenggaraan pendidikan cenderung ke arah metode Student-Centered Learning dibanding dengan penyelenggaraan pendidikan saat ini yang lebih banyak menggunakan Teacher-Centered Learning. Pada pendidikan berbasis Student-Centered Learning peran guru/dosen menjadi tidak sentral, namun lebih sebagai fasilitator. Sumber pengetahuan lebih banyak berada di luar guru/dosen antara lain di perpustakaan. Dengan pendidikan berbasis Student-Centered Learning ini, maka pustakawan akan berperan sebagai fasilitator ataupun navigator bagi mahasiswa yang akan mengakses pengetahuan dari perpustakaan. Oleh karena itu tantangan besar bagi pustakawan untuk menjalankan peran fasilitator atau navigator informasi bagi pendidikan masa depan.Kata kunci: Pustakawan, Dosen, Teacher-Centered Learning, Student-Centered Learning
 
Publisher Perpustakaan IPB
 
Date 2012-07-05
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier https://journal.ipb.ac.id/index.php/jpi/article/view/5269
 
Source Jurnal Pustakawan Indonesia; Vol. 11 No. 1 (2011): Jurnal Pustakawan Indonesia
2686-1879
1410-5551
 
Language eng
 
Relation https://journal.ipb.ac.id/index.php/jpi/article/view/5269/3685
 


www.freevisitorcounters.com