ICT DALAM PERPUSTAKAAN
Edulib : journal of library and information science
View Archive InfoField | Value | |
Title |
ICT DALAM PERPUSTAKAAN
|
|
Creator |
Riyana, Cepi
|
|
Description |
AbstrakPerpustakaan dan pusat informasi mengalami pergeseran paradigma dalam sumber-sumber informasinya, layanannya, dan pada orientasi penggunanya, serta tanggungjawab staff/pekerja dalam layanan dan sistem di dalamnya. Pergeseran paradigma informasi yang berakibat pada perubahan pola kerja dan orientasi institusi yang bergerak dalam bidang ilmu pengetahuan seperti perpustakaan, Kemajuan teknologi informasi yang memudahkan perpustakaan untuk melakukan sharing informasi melalui pemanfaatan ICT, sehingga melahirkan virtual library. Knowledge management dapat digunakan untuk meningkatkan kinerja perpustakaan. Knowledge management dapat dijadikan sebagai pemicu agar pustakawan lebih inovatif dan kreatif mengembangkan konsep perpustakaan. Digital Library menggambarkan perpustakaan digital sebagai lingkungan yang bersama-sama memberi koleksi, pelayanan, dan manusia untuk menunjang kreasi, diseminasi, penggunaan, dan pelestarian data, informasi, dan pengetahuan. ICT telah memberikan kontribusi terhadap lahirnya berbagai aplikasi dalam perpustakaan, sehingga memunculkan konsep digital library dan otomasi perpustakaan yang berbasis pada data dan proses digitalisasi. Kata Kunci: Information and Communication Technology, Digital Library
|
|
Publisher |
Universitas Pendidikan Indonesia
|
|
Contributor |
—
|
|
Date |
2011-09-01
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion — |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
https://ejournal.upi.edu/index.php/edulib/article/view/1143
10.17509/edulib.v1i1.1143 |
|
Source |
Edulib; Vol 1, No 1 (2011)
2528-2182 2089-6549 10.17509/edulib.v1i1 |
|
Language |
eng
|
|
Relation |
https://ejournal.upi.edu/index.php/edulib/article/view/1143/791
10.17509/edulib.v1i1.1143.g791 |
|