Record Details

PERILAKU INFORMASI PEMILIH PEMULA MENGHADAPI PEMILU 2019 DI SMA 103 JAKARTA

Edulib : journal of library and information science

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title PERILAKU INFORMASI PEMILIH PEMULA MENGHADAPI PEMILU 2019 DI SMA 103 JAKARTA
 
Creator Wijayanti, Arliana
Laksmi, Laksmi
 
Subject Pemilih Pemula, Pemilu 2019, Perilaku Informasi
 
Description Penelitian ini mengenai perilaku informasi pemilih pemula siswa SMAN 103 Jakarta dalam menghadapi pemilu 2019. Sebagai generasi milenial, pemilih pemula tidak lepas dari pengaruh tekhnologi, karena mereka tumbuh bersama perkembangan teknologi. Fenomena ini sedikit menggambarkan perilaku pencarian informasi mereka. Jumlah suara dari pemilih pemula merupakan jumlah suara potensial bagi para calon legislatif dan calon presiden nanti. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana perilaku informasi pemilih, yaitu 16 orang siswa SMAN 103, dalam menghadapi pemilihan umum pertamanya. Metodologi penelitan ini menggunakan pendekatan kualitatif. Untuk penjaringan data, digunakan metode Focus Group Discussion (FGD) atau diskusi kelompok terfokus yang terdiri dari 16 siswa. Hasil dari penelitian ini adalah hampir semua peserta FGD paham akan pemilu yang akan mereka hadapi. Mereka sudah mempunyai kesadaran untuk mengikutinya dalam mewujudkan demokrasi di negara ini. Perilaku informasi para pemilih pemula ini terlihat dengan interaksi mereka dengan teknologi sekitarnya sebagai sumber informasi utamanya.
 
Publisher Universitas Pendidikan Indonesia
 
Contributor Universitas Indonesia, Program Studi Ilmu Perpustakaan dan Informasi
 
Date 2019-10-28
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion

 
Format application/pdf
 
Identifier https://ejournal.upi.edu/index.php/edulib/article/view/15232
10.17509/edulib.v9i2.15232
 
Source Edulib; Vol 9, No 2 (2019)
2528-2182
2089-6549
10.17509/edulib.v9i2
 
Language eng
 
Relation https://ejournal.upi.edu/index.php/edulib/article/view/15232/pdf
10.17509/edulib.v9i2.15232.g10645
 
Rights Copyright (c) 2019 Edulib
http://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0
 


www.freevisitorcounters.com