ANALISIS FAKTOR-FAKTOR PEMBENTUK PERILAKU VANDALISME TAKTIS PADA KOLEKSI BUKU TEKS
Edulib : journal of library and information science
View Archive InfoField | Value | |
Title |
ANALISIS FAKTOR-FAKTOR PEMBENTUK PERILAKU VANDALISME TAKTIS PADA KOLEKSI BUKU TEKS
|
|
Creator |
Noveryandi, Muhammad
Rohanda, Rohanda Yanto, Andri |
|
Subject |
teori perilaku terencana, sikap terhadap perilaku, norma subyektif, persepsi kontrol perilaku, vandalisme taktis
|
|
Description |
Tujuan penelitian ini adalah untuk analisis faktor-faktor pembentuk perilaku vandalisme taktis pada koleksi buku teks. Faktor-faktor pembentuk perilaku ini didasarkan pada Teori Perilaku Terencana yang dikemukakan oleh Icek Ajzen, yang terdiri dari: 1) Sikap terhadap perilaku; 2) Norma subyektif; 3) Persepsi kontrol perilaku. Vandalisme taktis disini meliputi: 1) Menandai kata dan kalimat; 2) Menggarisbawahi kata dan kalimat; 3) Mewarnai kata dan kalimat dengan tujuan mempermudah proses penelusuran informasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan pendekatan survei eksplanatif yaitu untuk mengetahui ada maupun tidaknya hubungan atau sebab akibat antara dua variabel. Penelitian ini dilakukan kepada 87 orang Mahasiswa Jenjang Sarjana Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Padjadjaran angkatan 2015 dengan menggunakan teknik sampling acak sederhana. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa sikap terhadap perilaku berhubungan signifikan dalam membentuk perilaku vandalisme taktis pada koleksi buku teks dengan kategori hubungan sedang. Norma subyektif berhubungan signifikan dalam membentuk perilaku vandalisme taktis pada koleksi buku teks dengan kategori hubungan sedang. Persepsi kontrol perilaku berhubungan signifikan dalam membentuk perilaku vandalisme taktis pada koleksi buku teks dengan kategori hubungan sedang.
|
|
Publisher |
Universitas Pendidikan Indonesia
|
|
Contributor |
—
|
|
Date |
2019-05-31
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion — |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
https://ejournal.upi.edu/index.php/edulib/article/view/15723
10.17509/edulib.v9i1.15723 |
|
Source |
Edulib; Vol 9, No 1 (2019); 106-115
2528-2182 2089-6549 10.17509/edulib.v9i1 |
|
Language |
eng
|
|
Relation |
https://ejournal.upi.edu/index.php/edulib/article/view/15723/pdf
10.17509/edulib.v9i1.15723.g9743 |
|
Rights |
Copyright (c) 2019 Edulib
http://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0 |
|