Record Details

ANALISIS FAKTOR-FAKTOR PEMBENTUK PERILAKU VANDALISME TAKTIS PADA KOLEKSI BUKU TEKS

Edulib : journal of library and information science

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title ANALISIS FAKTOR-FAKTOR PEMBENTUK PERILAKU VANDALISME TAKTIS PADA KOLEKSI BUKU TEKS
 
Creator Noveryandi, Muhammad
Rohanda, Rohanda
Yanto, Andri
 
Subject teori perilaku terencana, sikap terhadap perilaku, norma subyektif, persepsi kontrol perilaku, vandalisme taktis
 
Description Tujuan penelitian ini adalah untuk analisis faktor-faktor pembentuk perilaku vandalisme taktis pada koleksi buku teks. Faktor-faktor pembentuk perilaku ini didasarkan pada Teori Perilaku Terencana yang dikemukakan oleh Icek Ajzen, yang terdiri dari: 1) Sikap terhadap perilaku; 2) Norma subyektif; 3) Persepsi kontrol perilaku. Vandalisme taktis disini meliputi: 1) Menandai kata dan kalimat; 2) Menggarisbawahi kata dan kalimat; 3) Mewarnai kata dan kalimat dengan tujuan mempermudah proses penelusuran informasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan pendekatan survei eksplanatif yaitu untuk mengetahui ada maupun tidaknya hubungan atau sebab akibat antara dua variabel. Penelitian ini dilakukan kepada 87 orang Mahasiswa Jenjang Sarjana Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Padjadjaran angkatan 2015 dengan menggunakan teknik sampling acak sederhana. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa sikap terhadap perilaku berhubungan signifikan dalam membentuk perilaku vandalisme taktis pada koleksi buku teks dengan kategori hubungan sedang. Norma subyektif berhubungan signifikan dalam membentuk perilaku vandalisme taktis pada koleksi buku teks dengan kategori hubungan sedang. Persepsi kontrol perilaku berhubungan signifikan dalam membentuk perilaku vandalisme taktis pada koleksi buku teks dengan kategori hubungan sedang.
 
Publisher Universitas Pendidikan Indonesia
 
Contributor
 
Date 2019-05-31
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion

 
Format application/pdf
 
Identifier https://ejournal.upi.edu/index.php/edulib/article/view/15723
10.17509/edulib.v9i1.15723
 
Source Edulib; Vol 9, No 1 (2019); 106-115
2528-2182
2089-6549
10.17509/edulib.v9i1
 
Language eng
 
Relation https://ejournal.upi.edu/index.php/edulib/article/view/15723/pdf
10.17509/edulib.v9i1.15723.g9743
 
Rights Copyright (c) 2019 Edulib
http://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0
 


www.freevisitorcounters.com