Record Details

PROMOSI BERBASIS EMOTIONAL BRANDING PADA PERPUSTAKAAN KINERUKU

Edulib : journal of library and information science

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title PROMOSI BERBASIS EMOTIONAL BRANDING PADA PERPUSTAKAAN KINERUKU
 
Creator Rohanah, Anah
Agustina, Susanti
 
Subject Emotional Branding, promosi, Perpustakaan Kineruku, Perpustakaan Kafe
 
Description Penelitian ini dilatar belakangi oleh perlunya promosi perpustakaan berbasis emosi yang ditandai dengan munculnya konsep perpustakaan kolaborasi kafe atau book shoop di Indonesia. Konsep perpustakaan perlu dikemas secara kreatif maupun inovatif untuk menghilangkan citra kaku dan meningkatkan pengetahuan masyarakat mengenai perpustakaan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memberikan gambaran bagi perpustakaan lain mengenai konsep EB sebagai salah satu strategi promosi. Penelitian ini menggunakan metode studi eksploratif melalui teknik pengumpulan data berdasarkan wawancara, observasi dan studi dokumentasi dengan penentuan sampel berdasarkan insidental sampling. Hasil temuan mengungkapkan bahwa Perpustakaan Kineruku mengusung konsep homey. Konsep ini didesain menyerupai rumah, di mana pemustaka dapat memanfaatkan layanan perpustakaan, layanan kafetaria serta layanan toko. Pengalaman emosional pemustaka dapat diperoleh dari pengalaman pancaindra (visual, raba, aroma, bunyi dan rasa) yang pada dasarnya harus memenuhi kategori untuk penyegaran badan dengan tersedianya konsumsi, penyegaran pikiran dengan tersedianya sumber informasi dan penyegaran jiwa dengan tersedianya hiburan. Ketiga kategori kebutuhan emosi tersebut sederhananya sudah dipenuhi Kineruku.
 
Publisher Universitas Pendidikan Indonesia
 
Contributor
 
Date 2018-12-01
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion

 
Format application/pdf
 
Identifier https://ejournal.upi.edu/index.php/edulib/article/view/13552
10.17509/edulib.v8i2.13552
 
Source Edulib; Vol 8, No 2 (2018); 135-155
2528-2182
2089-6549
10.17509/edulib.v8i2
 
Language eng
 
Relation https://ejournal.upi.edu/index.php/edulib/article/view/13552/pdf
10.17509/edulib.v8i2.13552.g8130
 
Rights Copyright (c) 2018 Edulib
http://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0
 


www.freevisitorcounters.com