Record Details

Penerapan Teori Kredibilitas Sumber (Source of Credibity) Dalam Penelitian-penelitian Layanan Perpustakaan

Edulib : journal of library and information science

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Penerapan Teori Kredibilitas Sumber (Source of Credibity) Dalam Penelitian-penelitian Layanan Perpustakaan
 
Creator Winoto, Yunus
 
Subject Komunikasi Persuasif; Kredibilitas; Layanan Perpustakaan; persuasive communication; credibility; library services
 
Description Abstract. Communication is an inseparable thing in human life, starting from waking up until going back to bed. Likewise, performing library activities cannot be separated from communication activities. One of communication purposes is to influence others or what is called persuasive communication. The success of persuasive communication is determined by many factors, one of them the source factor of the persuader. One theory that explains about the persuader is the source credibility theory by Carl I Hovland. This theory assumes that people will be more likely to be persuaded when the communicator or the person delivering the message shows himself as a credible person. This theory is widely used in communication researches and also begun to be applied in researches about library services.Keywords : persuasive communication, credibility, library servicesAbstrak. Komunikasi adalah merupakan suatu hal yang tidak bisa lepas dalam kehidupan manusia, sejak dari mulai bangun tidur sampai dengan akan tidur kembali. Begitu juga dalam kegiatan penyelenggaraan perpustakaan, pustakawan tidak bisa lepas dari aktivitas komunikasi. Salah tujuan komunikasi adalah untuk mempengaruhi orang lain atau disebut juga dengan komunikasi persuasif. Keberhasilan komunikasi persuasif salah satunya ditentukan oleh faktor sumber atau disebut juga persuader. Salah satu teori tentang menjelaskan tentang komunikator adalah teori kredibilitas sumber (source of credibility theory) dari Carl I Hovland. Asumsi dari teori ini mengatakan bahwa orang akan lebih mungkin  dipersuasi ketika komunikator atau orang yang menyampaikan pesan komunikasimenunjukkan dirinya sebagai orang yang kredibel. Teori ini selain banyak dipakai untuk penelitian komunikasi juga mulai diterapkan dalam penelitian-penelitian tentang layanan perpustakaan.Kata Kunci : Komunikasi Persuasif, Kredibilitas, Layanan Perpustakaan.
 
Publisher Universitas Pendidikan Indonesia
 
Contributor
 
Date 2016-11-22
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion

 
Format application/pdf
 
Identifier https://ejournal.upi.edu/index.php/edulib/article/view/4393
10.17509/edulib.v5i2.4393
 
Source Edulib; Vol 5, No 2 (2015)
2528-2182
2089-6549
10.17509/edulib.v5i2
 
Language eng
 
Relation https://ejournal.upi.edu/index.php/edulib/article/view/4393/3101
10.17509/edulib.v5i2.4393.g3101
 
Rights Copyright (c) 2016 Edulib
 


www.freevisitorcounters.com