Record Details

REPRESENTASI PERPUSTAKAAN DALAM SERIAL ANIMASI AVATAR: THE LAST AIRBENDER

Edulib : journal of library and information science

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title REPRESENTASI PERPUSTAKAAN DALAM SERIAL ANIMASI AVATAR: THE LAST AIRBENDER
 
Creator Fauzi, Mohamad Iksan
Mayesti, Nina
 
Subject representasi perpustakaan, perpustakaan dalam serial animasi, perpustakaan dalam film
 
Description Film merupakan salah satu media representasi yang dapat menggambarkan sesuatu, termasuk perpustakaan. Mengkaji representasi perpustakaan dalam media seperti film menjadi penting untuk dapat mengetahui konsep perpustakaan yang berada dalam pikiran masyarakat. Artikel ini membahas representasi perpustakaan dalam serial animasi Avatar: The Last Airbender dengan menunjukkan fungsi dan komponen perpustakaan yang digambarkan dalam serial animasi tersebut.Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode semiotik Roland Barthes yaitu hubungan analisis sintagmatik dan paradigmatik untuk melihat unsur naratif, seperti alur, tokoh, dan latar. Data diperoleh dari kalimat-kalimat dialog dan adegan yang menunjukkan serta menggambarkan perpustakaan. Unit analisis yang digunakan adalah satuan teks atau sekuen. Perpustakaan direpresentasikan sebagai sebuah gedung yang memiliki fungsi untuk menyimpan koleksi dengan nilai informasi yang penting. Komponen perpustakaan yang muncul dalam representasi adalah pengguna, koleksi, sarana dan prasarana. Komponen pustakawan dan dana tidak tampil dalam representasi.Hilangnya komponen pustakawan dalam representasi menggambarkan bahwa peran pustakawan masih dianggap kurang penting dalam masyarakat. Representasi yang paling menonjol adalah perpustakaan yang digambarkan sebagai gudang ilmu pengetahuan. Representasi juga menunjukkan bahwa informasi merupakan aset yang sangat penting untuk dilindungi.
 
Publisher Universitas Pendidikan Indonesia
 
Contributor
 
Date 2019-05-23
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion

 
Format application/pdf
 
Identifier https://ejournal.upi.edu/index.php/edulib/article/view/16356
10.17509/edulib.v9i1.16356
 
Source Edulib; Vol 9, No 1 (2019); 67-78
2528-2182
2089-6549
10.17509/edulib.v9i1
 
Language eng
 
Relation https://ejournal.upi.edu/index.php/edulib/article/view/16356/pdf
10.17509/edulib.v9i1.16356.g9710
 
Rights Copyright (c) 2019 Edulib
http://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0
 


www.freevisitorcounters.com