Record Details

SISTEM LAYANAN INFORMASI DI PERPUSTAKAAN PADA ABAD KE-21

Edulib : journal of library and information science

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title SISTEM LAYANAN INFORMASI DI PERPUSTAKAAN PADA ABAD KE-21
 
Creator -, Damayanty
 
Description AbstrakPesatnya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi pada abad ke-21 yang menimbulkan banjirnya informasi telah menyebabkan perubahan-perubahan dalam segala aspek yang berkaitan dengan informasi, mulai dari jenis dan bentuk sumber informasi, teknik pengelolaan informasi, serta kebutuhan dan kelompok pengguna informasi.Perpustakaan sebagai salah satu lembaga yang bertugas mengelola informasi mengalami perubahan paradigma. Paradigma baru perpustakaan yaitu perpustakaan adalah sesuatu yang hidup, dinamis, segar menawarkan hal-hal yang baru, produk layanannya inovatif, dan dikemas sedemikian rupa, sehingga apa yang ditawarkan oleh perpustakaan akan menjadi atraktif, interaktif, edukatif, dan rekreatif bagi pengunjungnya. Untuk mendukung terciptanya layanan prima yang sesuai dengan tuntutan paradigma baru perpustakaan, kepuasan pengguna harus tetap menjadi target layanan. Agar tujuan tersebut dapat tercapai maka penerapan manajemen modern dalam pengelolaan perpustakaan menjadi suatu kebutuhan. Wujud manajemen modern dalam pengelolaan perpustakaan kini diantaranya adalah konsep ‘information commons’/ informasi umum dan Perpustakaan 2.0 (library 2.0). Kedua konsep tersebut berupa sistem layanan perpustakaan yang melibatkan partisipasi pengguna/ user centered, serta memanfaatkan bantuan teknologi informasi dan komunikasi. Kata Kunci : Perpustakaan, Sistem Layanan informasi, paradigma baru AbstractThe rapid development of science and technology in the 21st century which leads to the rapid flow of information has brought some changes to every aspect related to information, from type and form of information, information process technique, to the needs and groups of users. Library as an institution that is in charge for managing information has undergone change of paradigm. The new paradigm is more lively, dynamic, fresh and offers new things, innovative service product which is packed in such a way that anything offered by the library will be attractive, interactive, educative, and recreational for its users. In order to support the realization of excellent service which conforms to the demand of the new paradigm, users satisfaction should remain become the target of servicing. To achieve the goal, the application of modern management in managing a library is necessary. This is manifested through the concept of information commons and library 2.0. Both concepts are applied in the library service system which involves users participation (user centered) and utilize assistance from information and communication technology. Keywords: library, information service system, new paradigm
 
Publisher Universitas Pendidikan Indonesia
 
Contributor
 
Date 2016-05-17
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion

 
Format application/pdf
 
Identifier https://ejournal.upi.edu/index.php/edulib/article/view/2262
10.17509/edulib.v2i1.2262
 
Source Edulib; Vol 2, No 1 (2012)
2528-2182
2089-6549
10.17509/edulib.v2i1
 
Language eng
 
Relation https://ejournal.upi.edu/index.php/edulib/article/view/2262/1570
10.17509/edulib.v2i1.2262.g1570
 
Rights Copyright (c) 2016 Edulib
 


www.freevisitorcounters.com