Penerapan Psikologi Pada Perpustakaan
IQRA`: Jurnal Ilmu Perpustakaan dan Informasi (e-Journal)
View Archive InfoField | Value | |
Title |
Penerapan Psikologi Pada Perpustakaan
|
|
Creator |
Daulay, Nurussakinah; Bimbingan Konseling
|
|
Subject |
—
— — |
|
Description |
Tulisan ini berupaya untuk membahas tentang kaitan serta aplikasi dari ilmu psikologi terhadap ilmu perpustakaan. Perpustakaan dianggap sebagai wujud dari inovasi pendidikan. Inovasi pendidikan itu sendiri adalah sebuah inovasi dalam bidang pendidikan atau inovasi untuk memecahkan masalah pendidikan. Fungsi perpustakaan adalah sebagai sumber kegiatan belajar mengajar, membantu peserta didik memperjelas dan memperluas pengetahuan pada bidang studi, mengembangkan minat, bakat dan kebiasaan membaca, membiasakan anak mencari informasi sendiri dan memperluas kesempatan belajar siswa. Dengan kehadiran perpustakaan, merupakan salah satu langkah untuk menangkis tantangan globalisasi dan meningkatkan kualitas sumber daya manusia. Dalam mengembangkan perpustakaan, perlu adanya dukungan dari ilmu-ilmu lainnya, salah satunya adalah ilmu psikologi. Ilmu psikologi adalah ilmu yang membahas tentang perilaku dan kaitannya dengan interaksi terhadap lingkungan. Oleh karena itu keberadaan perpustakaan sebagai unit pengelola informasi sangat penting untuk mendukung terjadinya komunikasi yang efektif di masyarakat
|
|
Publisher |
UIN Sumatera Utara
|
|
Contributor |
—
|
|
Date |
2019-10-01
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion Peer-reviewed Article |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/iqra/article/view/5627
10.30829/iqra.v14i2.5627 |
|
Source |
IQRA`: Jurnal Ilmu Perpustakaan dan Informasi (e-Journal); Vol 13, No 2 (2019); 1-21
2442-8175 1979-7737 |
|
Language |
ind
|
|
Relation |
http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/iqra/article/view/5627/2717
|
|
Rights |
Copyright (c) 2019 IQRA`: Jurnal Ilmu Perpustakaan dan Informasi (e-Journal)
|
|