PENGARUH KUALITAS SISTEM, INFORMASI DAN PELAYANAN INTEGRATED LIBRARY MANAGEMENT SYSTEM (ILMS) TERHADAP KEPUASAN PEMUSTAKA
PUSTAKA KARYA: JURNAL Ilmiah Ilmu Perpustakaan dan Informasi
View Archive InfoField | Value | |
Title |
PENGARUH KUALITAS SISTEM, INFORMASI DAN PELAYANAN INTEGRATED LIBRARY MANAGEMENT SYSTEM (ILMS) TERHADAP KEPUASAN PEMUSTAKA
|
|
Creator |
LAKSANA, TEGUH
WINOTO, YUNUS RODIAH, SALEHA |
|
Subject |
Ilmu Perpustakaan dan Informasi
Perpustakaan, manajemen perpustakaan |
|
Description |
The purpose of this research is to test the quality of system, information and service of IntegratedLibrary Management System (ILMS) to user satisfaction in Public Library of BAPUSIPDA WestJava Province. This study used questionnaire and interview method in obtaining data andinformation to be analyzed. The population of this study is all members of the library userinformation system ILMS especially the use of the system in the adult reading room period ofFebruary 2017. The model used in the study refers to The Update D & M IS Success model (2003)sampling used simple random sampling with 93 respondents. The method used in this research ispath analysis method by first converting ordinal scale into interval through Method of successivetechnique. this research method use t test to know signifikan from influence of independent variablepartially to dependent variable and test F to know influence of dependent variable to dependentvariable simultaneously / silmutan. The results of this study indicate that the variable qualitssystem, information and services have a positive effect on user satisfactionKeywords: Library information system, user satisfaction, Information System Success Model. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh kualitas sistem, informasi dan pelayananIntegrated Library Managemen System (ILMS) terhadap kepuasan pemustaka di PerpustakaanUmum BAPUSIPDA Provinsi Jawa Barat. Penelitian ini menggunakan metode kuesioner danwawancara dalam memperoleh data dan informasi untuk dianalisis. Populasi penelitian ini yaituseluruh anggota perpustakaan pengguna sistem informasi ILMS khusunya penggunaan sistem diruang baca dewasa periode bulan Februari 2017. Model yang digunakan pada penelitian mengacuThe Update D&M IS Success model (2003) sampling yang digunakan yaitu simple random samplingdengan jumlah 93 responden. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu metode analisis jalur(path analysis) dengan terlebih dahulu merubah skala ordinal menjadi interval melalui teknikMethod of successive. metode penelitian ini menggunakan uji t untuk mengetahui signifikan daripengaruh variabel independen secara parsial terhadap variabel dependen dan uji F untuk mengetahuipengaruh variabel dependan terhadap variabel dependen secara bersamaan/ silmutan. Hasilpenelitian ini menujukan bahwa variabel kualits sistem, informasi dan pelayanan berpengaruh positifterhadap kepuasan pemustaka.Kata Kunci: Sistem informasi perpustakaan, kepuasan pengguna, Information System SuccessModel.
|
|
Publisher |
IAIN Antasari Banjarmasin
|
|
Contributor |
—
|
|
Date |
2019-07-19
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion Peer-reviewed Article |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
http://jurnal.uin-antasari.ac.id/index.php/pustakakarya/article/view/3143
10.18592/pk.v7i13.3143 |
|
Source |
Pustaka Karya: Jurnal Ilmiah Ilmu Perpustakaan dan Informasi; Vol 7, No 13 (2019): PUSTAKA KARYA; 1-8
2089-5216 |
|
Language |
eng
|
|
Relation |
http://jurnal.uin-antasari.ac.id/index.php/pustakakarya/article/view/3143/1896
|
|
Rights |
Copyright (c) 2019 Pustaka Karya: Jurnal Ilmiah Ilmu Perpustakaan dan Informasi
http://creativecommons.org/licenses/by/4.0 |
|